Air Terjun Muara Karing, Mahakarya Eksotis Di Geopark Merangin Jambi

Air Terjun Muara Karing atau disebut juga dengan nama Air Terjun Mengkaring adalah wisata Merangin yang masuk ke dalam bagian Geopark Merangin.

Air Terjun Muara Karing menyajikan petualangan wisata alam, lengkap dengan sajian view alam yang sangat eksotis. Dari mulai sungai, hingga area hutan, dan perkebunan.

air terjun muara karing. google maps. sumber: Keluarga Kusmajadi

Yang paling spektakuler dari Air Terjun Muara Karing Merangin adalah terdapat fosil yang diprediksi telah berusia ratusan juta tahun.

simak juga: tempat wisata di jambi

Dengan demikian, kunjungan wisata ke air terjun tersebut bisa bernilai edukatif. Jika anda ingin berkunjung ke sana, pastikan cuaca mendukung, dan simak dulu review yang sudah kami siapkan untuk anda.

Daftar isi

Lokasi Air Terjun Muara Karing

  • Lokasi Air Terjun Muara Karing terletak di kawasan Geopark Merangin.
  • Alamat Air Terjun Muara Karing berada di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Jarak dari Alun – Alun Kota Bangko ke Air Terjun Muara Karing sekitar 19 kilometer. Adapun waktu tempuhnya kurang dari 1 jam perjalanan melalui jalur Jl. Raya Bangko – Kerinci.

Kondisi jalan di jalur utama memang sudah bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Tetapi saat mulai memasuki kawasan perkebunan sawit, kondisi jalannya masih belum bagus.

Bahkan jika situasi hujan, maka kendaraan anda akan cukup sulit melewati jalur yang masih berupa bebatuan, dan tanah merah.

Oleh karena itu, selalu pertimbangkan faktor cuaca, serta cek terlebih dahulu kondisi kendaraan anda, terutama ban, dan rem. Jika cuaca mendukung, maka akan menjadi sebuah petualangan yang seru.

akhir jalur trekking
akhir jalur trekking. google maps. sumber: us man

simak juga: merangin garden

Jika anda membawa kendaraan roda dua, maka disarankan memarkir motor di lokasi setelah tempat pembayaran tiket. Hal tersebut untuk memangkas jarak trekking menuju lokasi utama.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni sebuah jalur yang sudah ditentukan. Jalur tersebut nantinya berupa anak tangga yang sudah tertata, dilengkapi dengan pegangan tangan di sampingnya.

Di akhir anak tangga, maka para pengunjung akan bertemu dengan aliran sungai. Lanjutkan perjalanan dengan menyebrangi aliran sungai tersebut di atas bebatuan, dan itulah lokasi utamanya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Muara Karing

Tiket masuk Air Terjun Muara Karing Rp. 10.000 per orang.

fasilitas yang tersedia
fasilitas yang tersedia. google maps. sumber: Suharto Jambi

simak juga: bukit khayangan

Jam Buka Air Terjun Muara Karing

  • Air Terjun Muara Karing buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Air Terjun Muara Karing buka setiap hari.

Fasilitas Di Air Terjun Muara Karing

Fasilitas wisata di Air Terjun Muara Karing adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Mushola,
  • Warung,
  • Toilet,
  • Gazebo.

Catatan tambahan, ada baiknya membawa perbekalan terlebih dahulu. Karena biasanya warung-warung yang ada di lokasi utama buka saat hari libur saja.

rafting di aliran sungai
rafting di aliran sungai. google maps. sumber: zainuddin

simak juga: danau gunung tujuh

Daya Tarik Air Terjun Muara Karing

1. Air Terjun Berundak

Air Terjun Muara Karing menyajikan pesona alam eksotis, yang masih terjaga keasriannya. Dari mulai kondisi air yang mengalir masih jernih, dingin, dan menyegarkan.

Meskipun Air Terjun Muara Karing tidak terlalu tinggi, tetapi undakannya mampu memanjakan mata yang memandang. Apalagi kondisinya sangat lebar.

Air Terjun Muara Karing tidak bersumber dari mata air langsung, tetapi dari sungai yang ada sebelumnya. Dengan demikian, debit air yang ada sangat dipengaruhi oleh musim.

Kolam utamanya bisa dijadikan untuk bermain air, atau berswafoto. Aliran air yang mengalir selanjutnya menuju bebatuan besar, dan akhirnya bermuara di Sungai Batang Merangin yang lokasinya beberapa puluh meter di depan air terjun.

sungai batang merangin
sungai batang merangin. google maps. sumber: Keluarga Kusmajadi

simak juga: danau kaco

2. Fosil Ratusan Juta Tahun

Salah-satu alasan terkuat kenapa Air Terjun Muara Karing menjadi bagian dari Geopark Merangin, tiada lain karena terdapat bebatuan, dan fosil pohon yang diperkirakan berumur ratusan juta tahun.

Oleh karena itu, diharapkan kepada pengunjung yang datang untuk tetap menjaga kelestarian alam di sekitar Air Terjun Muara Karing, terutama jangan sampai membuang sampah sembarangan.