Banyu Wana Amertha Waterfall, 4 Air Terjun Eksotis Dalam 1 Kawasan Di Bali

Banyu Wana Amertha Waterfall adalah wisata air terjun yang sangat populer, dan hits, di Kabupaten Buleleng, Bali. 4 air terjun tersaji indah dalam satu kawasan yang sama.

Banyu Wana Amertha Waterfall bukan hanya populer dikalangan wisatawan lokal saja, karena pada faktanya tempat wisata tersebut sering juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Jika anda mengikuti setiap artikel terbaru dari nativeindonesia.com, maka di edisi sebelumnya kami telah memposting tentang Air Terjun Pucak Manik yang lokasinya di Desa Wanagiri.

air terjun yang cantik. google maps. sumber: Mido Kusumo

Nah, begitupun dengan lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall Buleleng Bali berada di desa yang sama. Seakan – akan menegaskan bahwa Wanagiri menjadi destinasi wisata air terjun yang layak dikunjungi di Bali.

Lalu apa saja pesona keindahan dari Banyu Wana Amertha Waterfall Bali? Maka inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda. Gassskeun!

Daftar isi

Lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall

Lokasi Banyu Wana Amertha Waterfall terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Jika anda pertamakali berangkat dari Kota Denpasar, Bali. Maka jarak tempuh menuju Banyu Wana Amertha Waterfall sekitar 64 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan menuju Banyu Wana Amertha Waterfall bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran utama.

Tetapi bagi anda yang ingin memangkas jarak trekking menuju lokasi utama Banyu Wana Waterfall, maka anda bisa memilih menggunakan motor saja.

alamnya yang indah
alamnya yang indah. google maps. sumber: Amanda Segal

simak juga: tempat wisata di bali

Setelah sampai di lokasi parkiran utama (dekat loket tiket), maka lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai di lokasi utama Banyu Wana Amertha Waterfall Buleleng Bali.

Bagi anda yang menggunakan motor, maka bisa diteruskan menuju lokasi parkiran selanjutnya di dekat air terjun. Tapi perlu diingat kondisi jalannya tidak terlalu lebar, sehingga anda wajib berhati-hati selama di perjalanan.

Kondisi jalur trekkingnya sudah tertata, meskipun di awal masih berupa tanah. Namun kondisi selanjutnya adalah bebatuan yang disusun menjadi anak tangga.

Jarak menuju lokasi utama Banyu Wana Amertha Waterfall sekitar 500 meter, dan jalanan akan melewati area perkebunan dengan udara yang sejuk.

Sebagaimana telah diulas diparagraf awal, bahwa di kawasan tersebut terdapat 3 air terjun eksotis. Maka nantinya para pengunjung akan menemukan persimpangan jalan.

Jalan yang pertama menuju lokasi 2 air terjun, dan jalan yang satunya menuju 2 air terjun lainnya. Tenang saja, di persimpangan jalan tersebut sudah ada papan penunjuk arah kok….

Harga Tiket Masuk Banyu Wana Amertha Waterfall

  • Tiket masuk Banyu Wana Amertha Waterfall Rp. 20.000 per orang.
  • Biaya tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir.
jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Franzi H

simak juga: tempat wisata ubud

Jam Buka Banyu Wana Amertha Waterfall

  • Wisata Banyu Wana Amertha Waterfall Buleleng Bali buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Banyu Wana Amertha Waterfall beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Banyu Wana Amertha Waterfall

Fasilitas wisata yang ada di objek wisata air terjun, atau Curug Banyu Wana Amertha terkonsentrasi di dekat loket tiket. Di lokasi utama air terjun yang ada hanya gazebo, dan jembatan.

Oleh karena itu, persiapkan perbekalan sebelum sampai di lokasi utama. Adapun fasilitas primer seperti toilet, warung, dan area parkir sudah ada di sana (dekat loket tiket).

Daya Tarik Banyu Wana Amertha Waterfall

Sebelum kita masuk ke pembahasan pesona keindahan air terjun tersebut, maka perlu diketahui bahwa sejarah penamaan Banyu Wana Amertha Waterfall merujuk kepada kondisi alam di sekitarnya.

Banyu memiliki arti air, Wana berarti hutan, dan Amertha memiliki arti anugerah. Maksud kondisi alam yang ada di sana dikarenakan Banyu Wana Amertha Waterfall airnya bersumber dari mata air yang ada di hutan lindung.

pintu masuk waterfall
pintu masuk waterfall. google maps. sumber: Griska Gunara

simak juga: pura lempuyang

Adapun daya tarik dari objek wisata BWA Waterfall adalah sebagai berikut:

1. BWA Waterfall, Dan One Waterfall

Meskipun terdapat 4 air terjun, namun lokasinya berbeda – beda dengan jarak yang tidak terlalu jauh. 2 air terjun berada dalam 1 lokasi yang sama, di antaranya:

  • BWA atau Banyu Wana Amertha Waterfall
  • One Waterfall.

View yang tersaji dari ke dua air terjun tersebut sangat indah, layaknya tirai putih yang menghiasi alam sekitar. Dan aliran air yang turun di BWA mengikuti bebatuan yang berundak.

Adapun One Waterfall aliran air yang turun langsung ke kolam utama. Semua air terjun yang ada di sana, mata airnya bersumber dari mata air langsung di hutan lindung yang ada di atas.

Air terjun di objek wisata Banyu Wana Amertha Waterfall memiliki ketinggian maksimal sekitar 40 meter. Debit airnya cenderung stabil, dengan kolam utama yang lebar, dan tidak dalam.

2. Two Waterfall, Dan Splash Waterfall

lukisan alam
lukisan alam. google maps. sumber: Ilya Malkin

simak juga: air terjun blangsinga

Di lokasi selanjutnya, anda akan menemukan 2 air terjun lainnya yang bernama:

  • Two Waterfall,
  • Dan Splash Waterfall.

Di lokasi tersebutpun sama, air yang turun begitu jernih, tidak deras, kolam utama yang lebar, dan sama – sama menyajikan latar yang instagramable.

Di dekat lokasi kolam utama juga terdapat jembatan yang sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjung. Oh iya, Banyu Wana Amertha Waterfall cocok dijadikan sebagai wisata keluarga juga loh…