Benteng Fort Willem I, Saksi Sejarah Di Ambarawa

Ambarawa merupakan sebuah lokasi strategis yang berada diantara Semarang, Magelang, dan Salatiga. Sehingga pada zaman pemerintahan kolonial Belanda dimanfaatkan sebagai basis militer.

Dan keberadaan Benteng Fort Willem I ini sangat berkaitan dengan keberadaan Stasiun Willem I atau saat ini dikenal dengan nama Museum Kereta Api Ambarawa.

Banyak hal yang terjadi di Kota Ambarawa, maka tak heran jika kota ini merupakan tujuan wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika berada di Semarang.

benteng pendem ambarawa. google maps. sumber: Farkhan khanafi

Akan banyak pengetahuan sejarah yang kamu terima, dan tentunya menyenangkan karena lokasinya yang sejuk dengan pemandangan khas pedesaan yang bikin adem.

Sejarah Benteng Willem I

Mungkin terbesit dalam hatimu, kira-kira tahun berapa Benteng Willem I ini dibangun? Dan siapakah yang membangun Benteng Pendem ini? Digunakan untuk apakah Fort Willem I ini pada waktu itu?

Kita coba jawab satu-satu ya….

Benteng Fort Willem I dibangun pada tahun 1834 selesai tahun 1845, dan diprakarsai oleh Van Der Bosch. Dan Fort Willem I ini berfungsi sebagai barak militer, penjara, serta sebagai gudang logistik perang.

Baca Juga :  Gunung Padang, Misteri Peradaban Dengan Berjuta Kekaguman

Pada zaman penjajahan Jepang, Benteng Fort Willem I ini difungsikan sebagai penjara bagi orang-orang Eropa, dan mereka yang mencoba untuk melawan pemerintahan Jepang pada waktu itu.

Jika ditelisik lebih dalam, bentuk bangunan dari Benteng Pendem Ambarawa ini memang mirip seperti sebuah barak, dengan banyaknya jendela yang ada. Yang konon katanya dapat menampung lebih dari 10.000 tentara.

Kisah sejarah pun tak lantas berhenti di situ saja, selepas kemerdekaan Republik Indonesia pun Fort Willem I ini masih diselimuti kisah perjuangan dari para pahlawan Indonesia.

benteng fort willem i
benteng fort willem I. google maps. sumber: Dewi Xmi

simak juga: museum mandala bhakti

Saat ini bagian yang masih utuh dari Fort Willem I atau yang lebih dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa, digunakan sebagai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambarawa serta digunakan pula sebagai barak atau asrama militer Indonesia.

Lokasi Benteng Willem I

  • Alamat Benteng Willem I berada di Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • Lokasinya sangat berdekatan dengan Museum Kereta Api Ambarawa

Rute menuju Benteng Pendem Ambarawa dari Museum Kereta Api Ambarawa hanya memakan waktu kurang dari 10 menit saja. Yakni dengan menuju Jl. Pemuda, lalu belok kiri ke Jl. RA. Kartini.

Selanjutnya belok kanan lalu belok kiri untuk menuju Bugisari, Lodoyong, tempat dimana Benteng Fort Willem I ini berada. Kalau mau jalan kaki pun bisa, dengan jarak tempuh sekitar 1 km.

Jam Buka Benteng Willem I

  • Jam buka Benteng Pendem Ambarawa mulai pukul 08 pagi hingga 05 sore
  • Dan beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu
bangunan yang masih digunakan
bangunan yang masih digunakan. google maps. sumber: rumah abing

Harga Tiket Masuk Benteng Willem I

Tiket masuk Benteng Pendem Ambarawa sekitar Rp. 5.000,- saja per orangnya

simak juga: pecinan semarang

Fasilitas Benteng Willem I

Fasilitas penunjang di sekitar kawasan Benteng Fort Willem I ini diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Pusat informasi,
  • Toilet,

Daya Tarik Benteng Pendem Ambarawa

1. Bangunan Yang Ikonik

bentuknya memanjang dan banyak jendela
bentuknya memanjang dan banyak jendela. google maps. sumber: Harm-Jan Spier

Lokasi Benteng Pendem Ambarawa berada tak jauh dari area pesawahan, terdapat beberapa bangunan induk dan ditempatkan sesuai penjuru arah mata angin. Nampak terlihat banyak jendela di sepanjang bangunan tersebut.

Bentuk bangunannya memanjang, dan terdiri dari dua lantai. Terdapat sebuah jembatan sederhana yang menyambungkan bangunan satu dengan yang lainnya.

Bangunan-bangunan Belanda memang terkenal kuat dan kokoh, terlihat dari Benteng Fort Willem I yang masih tegak berdiri meski sudah berusia ratusan tahun.

Terlihat beberapa bangunan yang sudah mulai rapuh dan tampak tidak terawat. Hingga kamu harus berhati-hati, memilih bangunan yang ingin didatangi.

simak juga: vanaprastha gedong songo

2. Hunting Foto Vintage

masih kokoh hingga saat ini
masih kokoh hingga saat ini. google maps. sumber: Dewi Xmi

Jika melihat gaya bangunannya yang ikonik, para pengunjung banyak yang hunting beberapa foto vintage di spot-spot yang dinilai kece.

Waktu terbaik mengunjungi Benteng Pendem Ambarawa ini ialah di pagi atau sore hari, hingga mendapatkan cahaya matahari yang sesuai hingga tampak cantik di kamera.

3. Misteri Benteng Pendem Ambarawa

Kisah misteri yang melekat di Benteng Pendem Ambarawa pun menjadi salah satu daya tarik tersendiri, bahkan banyak dari pengunjung yang datang untuk sekedar menguji nyali dan penasaran akan kisah mistisnya.

Sebagai sebuah penjara, tentu saja Benteng Pendem Ambarawa akan menyimpan energi yang mencekam. Perlakuan penjajah tentulah sangat kejam dan tidak manusiawi.

berbalut misteri dan mistis
berbalut misteri dan mistis. google maps. sumber: Dewi Xmi

simak juga: galeri muri

Penutup

Sebagai sebuah tempat bersejarah, alangkah baiknya jika pengunjung yang datang ikut menjaga kebersihan dan keaslian dari Benteng Fort Willem I Ambarawa.