Cadas Gantung Kuningan, Menyendiri Dengan Alam

Cadas Hanging Kuningan memiliki keindahan tersembunyi di dalam hutan Kuningan yang asri, dengan hamparan perbukitan hijau dan rimbunnya pepohonan yang menyejukkan.

Lokasinya yang tersembunyi dan akses terbatas ke Batu Gantung sangat cocok bagi Anda yang suka menjelajahi keindahan alam yang masih perawan.

wisata alam yang indah. peta google. sumber: Batu Gantung

lihat juga: bumi perkemahan ipukan

Di Kabupaten Majalengka juga terdapat tempat wisata yang memiliki nama yang hampir sama yaitu Taman Wisata Alam Batu Gantung di Kecamatan Leuwimunding.

Secara administratif Majalengka dan Kuningan memang berdampingan, maka tak heran jika ada beberapa tempat wisata yang terletak di perbatasan Majalengka atau Kuningan.

Berikut deskripsi Batu Kuningan Gantung bagi anda yang sedang mencari lokasi hulang-penyembuhan yang jauh dari keramaian.

Lokasi Batu Gantung Ciwaru

Lokasi Batu Gantung ini beralamat di Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

batu gantung
batu gantung. peta google. sumber: MauL Zania

lihat juga: pinus cai hut

Rute menuju Batu Gantung Kuningan menanjak dan berkelok-kelok, jalannya tidak begitu lebar. Jadi lebih baik menggunakan sepeda motor, meski bisa dilalui mobil.

Jika Anda berangkat dari arah Alun-Alun Kuningan dengan menuju Nanggulung – Cirahayu, hingga tiba di Jalan Sumberjaya – Ciwaru. Jarak yang harus ditempuh sekitar 39 km dengan perkiraan waktu sekitar 1,5 jam.

Jam Buka Batu Gantung

Jam operasional Cadas Hang Kuningan dapat dikunjungi setiap hari Senin hingga Minggu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari.

Pasalnya akses jalan dan lokasi Batu Gantung sendiri belum dilengkapi dengan penerangan.

berfoto dengan alam
berfoto dengan alam. peta google. sumber: Batu Gantung

Lihat juga: Bumi Perkemahan Palutungan

Harga Tiket Masuk Batu Gantung

  • Harga tiket masuk ke Batu Gantung Kuningan dipatok Rp. 5.000,- per orang.

Saat ini kondisinya berbeda, di mana tidak ada lagi biaya tiket masuk atau gratis.

Fasilitas Batu Gantung

Tempat wisata yang indah, asri dan sejuk ini sayangnya belum dikelola dengan sempurna. Hal ini ditunjukkan dengan belum tersedianya fasilitas yang ada di sekitar lokasi wisata ini.

Atraksi Batu Gantung Kuningan

Batu Gantung Kuningan memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, beberapa di antaranya adalah:

1. Pemandangan yang indah

sendiri dengan alam
sendirian dengan alam. peta google. sumber: AnazGoenz

lihat juga: pemandangan sukageuri

Daya tarik pertama yang sangat menarik dari tempat wisata Kuningan ini adalah hamparan keindahan alam yang begitu menyejukkan.

Perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang menjadi panorama utama, keindahannya kerap menjadi latar foto pengunjung.

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit, Anda harus melakukan perjalanan yang tidak mudah. Dimana anda harus berjalan menyusuri jalan setapak yang menanjak dari lokasi parkir.

2. Area Luas

pemandangan yang menyejukkan mata
pemandangan yang menyejukkan mata. peta google. sumber: Ananda Haidar

lihat juga: lembah cilengkrang

Tidak ada apa-apa di sekitar lokasi Batu Gantung Kuningan, yang ada hanya hamparan areal yang sangat luas dihiasi dengan rerumputan.

Kawasan ini juga bisa dijadikan sebagai camping ground, namun harus disiapkan dengan keterbatasan fasilitas yang dimiliki. Ya, itu kembali ke alam …

3. Curug Walet

Setelah puas menikmati keindahan alam dari ketinggian, saatnya menikmati segarnya air di Curug Walet. Lokasinya sekitar 700 meter, dengan jalur trekking yang cukup terjal.

Ketinggian Curug Walet sekitar 20 meter, airnya mengalir sangat jernih, apalagi airnya tidak tergantung musim.

Liburan ini sangat cocok, setelah menikmati pemandangan alam yang sangat indah diakhiri dengan bermain air yang jernih dan menyegarkan.

air terjun walet
air terjun walet. peta google. sumber: Kapten Telur

Baca juga: Air Terjun Putri Palutungan

Penutupan

Eksplorasi Batu Gantung Kuningan cocok untuk anda yang menyukai tantangan dan juga keindahan alam. Objek wisata Kuningan ini harus dijaga agar keindahannya dapat dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.

Baca Juga :  Pantai Kamulyan Cilacap, Pantai Di Jalur Lingkar Selatan