Curug Jlarang, Air Terjun Pekalongan Di Tengah Sawah

Curug Jlarang ialah sebuah air terjun yang lokasinya berada di tengah sawah, bisa dibilang masih tersembunyi sehingga menampilkan keindahan alam dan juga ketenangan yang nggak diragukan lagi.

Tempat wisata di Kabupaten Pekalongan identik dengan wisata alam, mulai dari curug, bukit, gunung, hingga rafting. Untuk mereka yang bosen dengan gedung-gedung bertingkat, Curug Jlarang dapat menjadi pilihan berlibur.

hunting foto. google maps. sumber: Muhammad Faqih

simak juga: bengkelung park

Atau mungkin untuk kamu yang menyukai sepedahan, dapat berembuk dengan merencanakan gowes ke Curug Jlarang Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug atau air terjun senatiasa memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi, inilah review dari Curug Jlarang Pekalongan untuk kamu semua.

Lokasi Curug Jlarang

Lokasi Curug Jlarang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Baca Juga :  Objek Wisata Cibulan, Wisata Alam Dan Sejarah Di Kuningan

Rute menuju Curug Jlarang akan melewati Lolong Adventure, jika berangkat dari Alun-Alun Kajen Kabupaten Pekalongan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.

Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu ke arah timur di Jl. Mandurorejo Kajen untuk menuju Jl. Rinjani. Teruskan perjalanan untuk tiba di Jl. Raya Karanganyar, sampailah kamu di Jl. Raya Lebakbarang.

Akses jalannya sudah bagus dan beraspal, dengan hiasan pemandangan yang asri hingga nggak bikin bosen. Pastikan kondisi kendaraanmu baik ya, soalnya banyak melewati tanjakan. Enaknya sih pake motor, namun bukan berarti nggak bisa pake mobil ya…

Untuk lokasi parkirnya sendiri satu tempat dengan Curug Munggahan, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bahasa kerennya trekking.

gerbang masuk curug
gerbang masuk curug. google maps. sumber: H Oky

simak juga: puncak hanoman kendalisodo

Jam Buka Curug Jlarang

  • Jam buka Curug Jlarang setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 16.30

Harga Tiket Masuk Curug Jlarang

Harga tiket masuk Curug Jlarang sangat murah, kamu nggak perlu membayar mahal-mahal.

Fasilitas Curug Jlarang

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Jlarang masih sangat terbatas.

Trekking Curug Jlarang

Santuy di Curug nggak lengkap jika tanpa trekking, setelah menemukan gapura penanda Curug Jlarang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Melewati jalur setapak diantara pematang sawah, dengan kondisi yang masih berupa tanah dan akan licin jika basah. Tidak ada petunjuk khusus yang akan menuntunmu, namun bisa bertanya pada para petani yang sedang bekerja.

trekking menuju curug
trekking menuju curug. google maps. sumber: Afif Maulana

simak juga: sipare green park

Ketika sudah menuruni anak tangga, itu artinya lokasi Curug Jlarang semakin dekat. Sekali lagi berhati-hati ya, karena kondisinya bisa saja licin apalagi jika kamu membawa serta anak-anak.

Daya Tarik Curug Jlarang Pekalongan

1. Banyak Aliran Air

Ketika tiba di Curug Jlarang kamu akan menyaksikan beberapa aliran air dengan tinggi yang beragam. Namun yang menjadi primadonanya ialah sebuah air terjun atau curug yang lebar. Dekat dengan sebuah landmark yang bertuliskan Curug Jlarang.

Bebatuan pun ikut menghiasi panorama Curug Jlarang, dan banyak dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati aliran air yang mengalir.

2. Sungai Yang Deras

Curug Jlarang airnya langsung mengalir ke sungai yang ada di depannya, namanya Kali Menyep. Aliran sungainya cukup deras, banyak dimanfaatkan untuk berbagai ragam wisata seru dan menyenangkan tentunya.

santuy di curug jlarang
santuy di curug jlarang. google maps. sumber: H Oky

simak juga: welo asri

Kali Menyep memiliki kedalaman yang beragam, dan menjadi daya tarik lain dari Curug Jlarang. Jika musim penghujan tiba, aliran sungainya suka meluap. Membuat pengunjung yang datang mengurungkan niatnya untuk mendekati curug.

3. Ragam Wisata Menyenangkan

Selain menikmati keindahan alam di sekitar Curug Jlarang, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai ragam wisata seru. Beberapa diantaranya:

  • Bermain air,
  • Body jumping,
  • Hingga body rafting.

Namun tetap harus menjaga keselamatan ya, jangan sampai keseruan liburan berubah menjadi keharuan.

curug jlarang
curug jlarang. google maps. sumber: Majid Hidayat_1120

simak juga: black canyon

Penutup

Curug Jlarang menjadi pilihan wisata air terjun tersembunyi di Pekalongan yang cocok banget untuk hulang healing di akhir pekan bersama kawan tongkrongan.