Curug Lawe Petungkriyono, Curug Tinggi Dengan Berbagai Spot Foto Instagramable

Curug Lawe atau Wana Wisata Curug Lawe Petungkriyono, salah satu anugerah Tuhan berupa air terjun di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan yang lainnya.

Secara kita ketahui bersama Petungkriyono mendapat julukan sebagai 1001 curug, karena memiliki cukup banyak tempat wisata air berupa air terjun. Sebut saja Curug Muncar, Curug Bajing, dan lain sebagainya.

curug tingkat pertama. google maps. sumber: Eko Munawar

Sekilas nama Curug Lawe sama dengan nama air terjun yang berada di Ungaran, Semarang. Yap, namanya memang mirip jadi kalau kamu mau cari di google tambahin nama kota di belakangnya ya, biar nggak salah.

Berikut pesona dari Curug Lawe Petungkriyono sebagai bahan referensi wisata untuk dikunjungi akhir pekan ini.

Lokasi Curug Lawe Petungkriyono

Lokasi Curug Lawe Pekalongan berada di alamat Desa Kasimpar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Jarak Curug Lawe Pekalongan dari pusat Kota Petungkriyono cukup jauh, kamu membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk menuju lokasi wisata ini.

Rute yang dapat diambil ialah dengan menuju Jl. Hos Cokroaminoto untuk kemudian menuju Jl. Raya Doro-Pekalongan. Tetaplah di jalur tersebut hingga tiba di Jl. Kasimpar, selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Wanawisata Curug Lawe Petungkriyono.

pintu masuk wanawisata curug lawe
pintu masuk wanawisata curug lawe. google maps. sumber: Tambang Raras

simak juga: curug bidadari talun

Jam Buka Curug Lawe Petungkriyono

Jam operasional Curug Lawe Pekalongan buka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk Curug Lawe Petungkriyono

Harga tiket masuk Curug Lawe Pekalongan sangat murah dan tak menguras isi kantong, yakni dengan membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Curug Lawe Petungkriyono

Fasilitas yang ada di Curug Lawe Pekalongan terpusat di bagian kawasan hutan pinusnya, yakni adanya:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Spot foto,
  • Hammock,
  • Camping ground,
jalur trekkingnya
jalur trekkingnya. google maps. sumber: Imdad Muhammad

simak juga: black canyon petungkriyono

Trekking Curug Lawe Petungkriyono

Setelah disambut hutan pinus yang sejuk, saatnya menyusuri jalan setapak untuk menuju Curug Lawe Petungkriyono. Sudah terdapat papan petunjuk yang akan mengarahkanmu.

Jalurnya cenderung menurun, dan mendekati curug jalannya semakin sempit mungkin hanya cukup untuk satu orang saja. Gunakan alas kaki yang tidak licin ya, karena jalurnya akan licin jika basah.

Waktu yang dibutuhkan untuk trekking bisa mencapai 1 jam lamanya, tergantung pada kemampuan masing-masing pengunjung. Nanti di jalur trekking kamu akan menemukan spot ajib untuk berfoto.

Daya Tarik Curug Lawe Petungkriyono

1. Hutan Pinus Yang Sejuk

hammock area
hammock area. google maps. sumber: Ahmad Afandi

simak juga: puncak tugu

Keindahan alam pertama yang akan kamu temui ketika berlibur di Wanawisata Curug Lawe Pekalongan ini ialah hutan pinus yang telah didesign sedemikian rupa dengan hiasan payung-payung cantik di beberapa sudutnya.

Sehingga tampak menawan dan dapat menjadi spot instagramable untuk berfoto. Kamu juga bisa bersantai dengan menggunakan hammock, yang disematkan diantara kedua pohon pinus.

Hutan pinus memang nggak pernah gagal memberikan kedamaian dan ketenangan, apalagi jika sambil camping dan menghabiskan waktu semalaman. Hulang-healing yang mujarab banget.

2. Curug Yang Sangat Tinggi

curug yang tinggi
curug yang tinggi. google maps. sumber: Rendi Khlwni

simak juga: wisata petungkrikyono

Curug Lawe Pekalongan memiliki ketinggian yang sangat luar biasa, saking tingginya kamu dapat melihatnya dari jalur trekking. Dan terdapat beberapa tingkatan curug di sekitarnya.

Sedikitnya ada dua tingkatan curug sebelum tiba di Curug Lawe. Untuk menuju Curug Lawe Petungkriyono harus melalui anak tangga sederhana yang terdapat di kedua tingkatan curug tadi.

Airnya sangat jernih, bersih, dan juga menyegarkan. Oh iya alirannya juga cukup deras, banyak sekali bebatuan di sekitar sungainya.

3. Spot Foto Instagramable

spot terkeren
spot terkeren. google maps. sumber: Dwi Lismayanti

simak juga: curug madu

Hunting foto merupakan kegiatan wajib ketika mengunjungi sebuah objek wisata, apalagi jika menghadirkan berbagai spot kece dengan pemandangan yang wow banget.

Di Wanawisata Curug Lawe Petungkriyono ini terdapat sebuah gardu pandang yang diletakkan di sebuah pohon yang sangat tinggi, sehingga menghasilkan lukisan alam yang sangat indah.

Penutup

Curug Lawe Pekalongan destinasi wisata di Petungkriyono untuk menikmati keindahan alam, segarnya air terjun, hingga hunting foto keren dan kekinian.

Baca Juga :  Pantai Sigandu, Dari Sea Cafe, Hingga Spot Yang Instagramable Di Batang