Curug Muncar Petungkriyono, Hulang Healing Bersama 4 Air Terjun

Curug Muncar atau bisa disebut pula Curug Muncar Petungkriyono, merupakan salah satu tempat wisata alam di Pekalongan yang menyimpan keindahan alam yang sejuk dan bikin adem.

Di beberapa daerah terdapat pula sebuah curug dengan nama yang sama, sehingga banyak wisatawan yang menyematkan nama daerah dimana curug itu berada untuk membedakannya.

FYI, Curug Muncar Pekalongan ini berada di lereng Gunung Ragajambangan, so pasti udara dan pemandangannya ajib banget. Enak untuk dijadikan lokasi hulang-healing bareng bestie.

diapit oleh alam yang masih asri. google maps. sumber: Riyan Mamen

simak juga: tempat wisata di pekalongan

Dan bukan hanya itu, di kawasan wisata Curug Muncar kamu akan menemukan empat buah air terjun. Waw banget bukan! So, ini review wisatanya untuk kamu.

Lokasi Curug Muncar

Lokasi Curug Muncar berada di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Jalan menuju Curug Muncar  jika berangkat dari Alun Alun Pekalongan dengan menuju Jl. Hos Cokroamintoto hingga tiba di Jl Raya Doro – Petungkriyono. Tetap melaju di jalur tersebut, kemudian ambil arah ke Jl. Raya Petungkriyono hingga tiba di Jalan Songgodadi.

Selanjutnya tinggal mengikuti jalur yang sudah tersedia, hingga tiba di Curug Muncar. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua, karena akses jalan mendekati curug hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

jalan menuju curug
jalan menuju curug. google maps. sumber: Muhdin Priyono

simak juga: wisata petungkriyono

Jam Buka Curug Muncar

Jam operasional Curug Muncar Pekalongan buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh.

Harga Tiket Masuk Curug Muncar

Tiket masuk Curug Muncar Petungkriyono sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Curug Muncar

Meski berada di lereng gunung, kamu jangan khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Karena Curug Muncar memiliki beberapa fasilitas seperti berikut:

  • Mushola,
  • Gardu pandang,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Saung atau gazebo.
camping di kawasan curug
camping di kawasan curug. google maps. sumber: Aryadi Darwanto

simak juga: curug madu resmi

Daya Tarik Curug Muncar

1. Keindahan Alam Yang Masih Alami

Curug Muncar berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, membuat hamparan keindahannya terpampang secara nyata. Sejauh mata memandang hijaunya bukit yang tampak begitu asri.

Karena berada di kawasan hutan lindung, membuat berbagai jenis pepohonan yang tumbuh di sekitar Curug Muncar cukup terjaga. Hanya saja masih terlihat beberapa pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan

Sungguh sangat disayangkan, padahal di sekitar Curug Muncar sudah disediakan tempat sampah. So, kamu harus ikut menjaga kebersihan ya, sampahmu adalah bencana!

curug yang dekat dengan area parkir
curug yang dekat dengan area parkir. google maps. sumber: Muhammad Naufal Irfan

simak juga: curug bajing

2. Menikmati 4 Curug Sekaligus

Berwisata ke Curug Muncar Petungkriyono dijamin bikin liburanmu seru banget, karena di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan curug atau air terjun yang cukup banyak.

Sedikitnya terdapat 4 buah air terjun, yang dimana dua curug berada dekat area parkir, dan dua lagi berada di bagian puncak. Keren nggak tuh!

Untuk kamu yang penasaran akan keindahan kedua curug di bagian puncak, tinggal naik anak tangga yang sudah dipersiapkan. Curug pertama dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit, sedangkan untuk curug yang berada di bagian puncaknya harus berjalan lagi kira-kira sejauh 1 km.

Aliran curugnya cukup deras, airnya bersih dan nyegerin. Mengalir diantara tebing yang rindang serta tinggi. Kayak lagi dimana gitu……

pilihan wisata yang ada
pilihan wisata yang ada. google maps. sumber: Herry P

3. Spot Foto Instagramable

Melihat viewnya yang indah, membuat pengelola menyediakan beberapa spot foto untuk para pengunjung hunting foto-foto keren dan instagramable tentunya.

Terdapat beberapa gardu pandang yang bisa kamu gunakan sebagai spot foto, selain itu banyak pula pengunjung yang berfoto di depan jembatan melengkung dengan latar curug yang tinggi.

Penutup

Untuk kamu yang menyukai berwisata ke tempat terbuka seperti ini, wajib banget berkunjung dan menghabiskan waktu dengan me time bersama alam yang sejuk di Curug Muncar.

Baca Juga :  Patitie, Nongkrong Dan Ngopi Keren Di Blado Batang