Gua Maria Kaliori Banyumas, Sejuk, Indah, Dan Damai

Gua Maria Kaliori memiliki peranan yang sangat penting bagi umat Katolik, karena gua ini menjadi bukti peninggalan penyebaran ajaran Kristus di Banyumas.

Gua Maria Kaliori kerap kali dikunjungi oleh banyak umat katolik meskipun bukan pada hari-hari keagamaan. Jadi kamu bisa berkunjung ke Gua Maria Kaliori ini kapan saja. Selain untuk kepentingan ritual, kamu juga bisa berkunjung sekaligus berlibur.

kapel ratu surga. google maps. sumber: Iwan Haniyoto

simak juga: wisata pagubugan melung

Gua Maria Kaliori ini telah menjadi lokasi ikonik dan disucikan oleh umat Katolik, pasalnya Gua Maria Kaliori ini ini merupakan lokasi ziarah dan rumah do’a terbesar di Indonesia.

Bagi kamu yang beragama Katolik wajib untuk berkunjung ke Gua Maria Kaliori ini dengan pemandangan bukit yang sangat indah untuk dinikmati.

Gua Maria Kaliori ini dibangun dengan konsep pembangunan yang sangat ramah lingkungan. Pelataran Gua Maria Kaliori ini sangat nyaman untuk kamu berdoa dengan suasana hening, yang akan membuat kamu khusyuk.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak keluarga dan kerabat untuk berkujung dan berwisata religi ke Gua Maria Kaliori akhir pekan ini, dan rasakan kenyamanan serta kedamaian selama berada disini.

Daftar isi

Lokasi Gua Maria Kaliori

Gua Maria Kaliori berada di Jalan Gua Maria Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Dusun V, Kaliori, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

gerbang menuju gua kaliori
gerbang menuju gua kaliori. google maps. sumber: Pandu Wibowo

simak juga: telaga kumpe

Berikut rute yang bisa kamu gunakan untuk memandu menuju Gua Maria Kaliori, jika berangkat dari Alun-Alun Purwokerto ambil arah timur di Jalan Kabupaten menuju Jalan Pengadilan sejauh 120 m. Kemudian belok kiri ke Jalan Raga Seangsang.

Setelah 400 m belok kanan menuju jalan Jendral Gatot Subroto sejauh 1,4 km dan meneruskan perjalanan menuju jalan Komisaris Bambang Suprapto. Setelah 800 meter belok kanan untuk mengemudi di Jalan Banjarnegara, Jalan Raya Karangsalam, dan Jalan Suparjo Rustam.

Setelah itu belok kanan menuju Jalan Ajibarang Secang, Jalan Gatot Subroto, Jalan Kalibagor Sokara, Jalan Raya Banjarnegara, Jalan Raya Banyumas, dan Jalan Raya Karangsalam. Kemudian kamu akan sampai dilokasi Gua Maria Kaliori dengan jarak tempuh sekitar 30 menit saja.

Untuk memasuki kawasan Gua Maria Kaliori ini terdapat dua buah pintu masuk, yakni pintu utama dan pintu dua. Apabila ingin melalui jalan salib, kamu harus melalui pintu utama.

Jam Buka Gua Maria Kaliori

Gua Maria Kaliori terbuka 24 jam setiap hari dari Senin sampai Minggu .

patung bunda maria
patung bunda maria. google maps. sumber: Fifi Djohari

simak juga: wisata buken

Harga Tiket Gua Maria Kaliori

Tidak ada biaya tiket khusus yang diterapkan untuk pengunjung yang ingin berwisata religi ke Gua Maria Kaliori.

Fasilitas  Gua Maria Kaliori

Fasilitas yang dapat kamu jumpai saat berkunjung ke Gua Maria Kaliori diantaranya:

  • Tempat Berdoa yang luas dan bersih,
  • Taman Rosario Hidup,
  • Toilet,
  • Rumah Retret Maria Immaculata,
  • Kapel Ratu Surga,
  • Jalan Salib,
  • Pendopo,
  • Replika Patung Pieta Karya Michelangelo,
  • Toko Souvenir,
  • Area Parkir Kendaraan.
patung paus yohanes paulus ii
patung paus yohanes paulus II. google maps. sumber: Raynardthan Pontoh

simak juga: dream land waterpark

Daya Tarik Gua Maria Kaliori

1. Pemandangan Alam yang Aesthetic

Kedatanganmu di lokasi Gua Maria Kaliori ini akan disambut dengan suasana yang nyaman, damai, sekaligus menakjubkan. Dengan arsitektur yang tergolong modern dan kekinian, membuat kamu nyaman.

Selain sembahyang atau berziarah kamu juga bisa mengabadikan momen-momen wisata religimu selama berada di Gua Maria Kaliori. Kamu bisa memilih spot mana saja yang ingin kamu jadikan spot foto yang menarik sekaligus kental akan nuansa religinya.

Kawasan Gua Maria Kaliori  ini memiliki luas sekitar 5,6 hektar, lokasi yang sangat luas bukan? Maka jangan heran apabila Gua Maria Kaliori ini memilki daya tarik yang sangat tinggi untuk dikunjungi, khususnya bagi pemeluk agama katolik.

alamnya sejuk
alamnya sejuk. google maps. sumber: nisnisue

simak juga: taman balai kemambang

2. Fasilitas Ibadah Umat Terlengkap

Sebagai tempat ibadah umat katolik terbesar di Indonesia, selain pemandangan alamnya yang memikat juga fasilitasnya yang super lengkap mengundang pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada Rumah  Retret Maria Immaculata dengan kapasitas 150 orang, tempat ibadah yang luas, bersih dan super nyaman, ada juga taman rosario hidup, Kapel Ratu Surga dan masih banyak lagi fasilitas di Gua Maria Kaliori.

3. Pendopo

Di lahan yang luas ini selain dibangun gereja dengan fasilitas super lengkap, disini juga ada pendopo yang dibangun untuk pusat kegiatan atau aktivitas umat. Wah, keren ya sob sampai ada pendoponya.

tujuh patung bunda maria dan air suci
tujuh patung bunda maria dan air suci. google maps. sumber: Stella Vania

simak juga: new small world baturraden

So, berkunjunglah ke Gua Maria Kaliori saat kamu ada di Kabupaten Banyumas. Nikmati suasana alam yang indah nan sejuk selama berada di Gua Maria Kaliori Banyumas.

Eh iya, meskipun menjadi tempat beribadah umat katolik Gua Maria Kaliori dapat dikunjungi oleh siapa saja yang hendak ingin berwisata. Selamat berwisata!