Kalibaya Park, Wisata Brebes Yang Mulai Dilupakan

Wisata Kalibaya Park yang berada di Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi alam yang menyuguhkan pesona alam yang menantang dan menakjubkan.

Namun sayangnya saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan sudah sangat tidak terurus lagi, padahal baru diresmikan tahun 2017 lalu.

Di awal kemunculannya, Kalibaya Park mampu menarik minat pengunjung untuk berwisata sambil hunting foto-foto keren yang Instagramable.

gerbang menuju kalibaya park. google maps. sumber: K.Priyan

simak juga: tempat wisata brebes

Mungkin berawal dari kondisi pandemi covid-19 yang mengharuskan beberapa tempat wisata mati suri, ada yang bangkit kembali ada pula yang kemudian terbengkalai.

Jika berbicara tentang keindahan alam yang ada di Kalibaya Park, sebenarnya sangat disayangkan jika terbengkalai dan harus ditinggalkan.

Lokasi Wisata Kalibaya Park

Lokasi Wisata Kalibaya Park berada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jalan menuju lokasi Wisata Kalibaya Park dikenal menantang, dimana kamu harus melewati tanjakan curam, jalan yang berlika-liku naik turun. Jadi harus ekstra hati-hati, dan pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik ya.

Jarak tempuh Wisata Kalibaya Park dari Alun-Alun Kota Brebes mencapai 58,7 km, dengan waktu tempuh satu jam setengah. Rutenya dengan menuju Jalan Raya Pantura.

menikmati pemandangan
menikmati pemandangan. google maps. sumber: Mata Haqqi

simak juga: agrowisata kaligua

Harga Tiket Wisata Kalibaya Park

Harga tiket masuk Kalibaya Park saat ini gratis ya…

Jam Buka Wisata Kalibaya Park

Berbicara tentang jam bukanya pun sudah tidak tentu, artinya kamu dapat datang kapan saja.

Hindari datang di malam hari, dan ketika cuaca sedang hujan deras, karena lokasi di sekitar Kalibaya Park rawan longsor.

Fasilitas Wisata Kalibaya Park

Fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berada di Wisata Kalibaya Park, diantaranya:

  • Gazebo,
  • Warung Makanan,
  • Landmark Wisata Ikonik,
  • Area Camping,
  • Track Motor Trail,
  • Rumah Kelinci,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Ayunan,
  • Area Parkir Kendaaran.
wahana outbound
wahana outbound. google maps. sumber: ari nugroho

simak juga: mangrove brebes

Saat ini beberapa fasilitas di atas sudah terbengkalai, yang tersisa hanyalah sebuah warung makanan dan minuman yang berada dekat area parkir.

Daya Tarik Kalibaya Park

1. Pesona Waduk Malahayu di Puncak Lio Kalibaya Park

kondisi terkini
kondisi terkini. google maps. sumber: Edgars Simenovskis

Keindahan alam yang coba disajikan di Kalibaya Park, sangatlah indah. Salah satu keindahan alamnya ialah hadirnya panorama Waduk Malahayu yang dapat disaksikan ketika kamu berada di Puncak Lio.

Bukan hanya itu, kamu juga dapat menyaksikan hutan dan hamparan sawah yang menghijau permai, pokoknya vibes alam Kota Brebes terpampang nyata pada ketinggian ini!

2. Landmark Wisata yang Ikonik dan Instagramable

Saat tiba di lokasi Wisata Kalibaya Park, kamu akan disuguhkan dengan landmark yang mencuri perhatian. Berawal dari gerbang masuknya yang terbuat dari bambu, gerbang tersebut saat ini masih berdiri.

Beberapa spot foto pun tampak hadir di sekitar Puncak Lio, sayangnya kondisinya saat ini sudah tak seperti dulu. Meski masih tampak beberapa spot yang masih berdiri.

spot foto
spot foto. google maps. sumber: Cecep Hernawan

3. Menikmati Panorama Sang Surya

Sang surya senantiasa memberikan banyak manfaat untuk kita manusia, salah satunya ialah dengan cahayanya yang dapat hadir dengan suasana yang berbeda.

Di kala pagi hadir dengan sunrisenya yang cantik, di siang hari dengan sengatan panasnya yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, hingga di petang hari dengan panorama sunsetnya yang elok.

Karena Kalibaya Park berada di ketinggian, panorama sunset maupun sunrisenya selalu menjadi incaran para pengunjung. Selain disaksikan oleh kedua mata sendiri, keindahannya pun banyak diabadikan dalam sebuah foto maupun video.

Penutup

Terlepas dari kisah mistis dan misteri yang menghiasi Kalibaya Park, tempat wisata ini layak untuk dibangkitkan kembali dan hadir menjadi wisata andalan Brebes.

Baca Juga :  Pantai Ujung Negoro, Review Terkini Cafe Ujung Senja, Hingga Wisata Religi Di Batang