Lembah Cilengkrang, Air Panas Alami yang Tersembunyi di Kuningan

Lembah Cilengkrang terletak di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Lembah Cilengkrang merupakan salah satu tempat wisata Kuningan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Kuningan.

Wisata Lembah Cilengkrang Kuningan ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan yang suka hulang-penyembuhan ke tempat-tempat yang asri dan sejuk.

Tak hanya itu, Lembah Cilengkrang memiliki keistimewaan lain sob, mulai dari keanekaragaman hayatinya yang masih terjaga, pemandangan alam yang memukau, hingga keberadaan sumber mata air panas alami.

tempat terbaik di jalur trekking. peta google. sumber: br14n 1m4g3s

Baca juga: Air Terjun Putri Palutungan

Hmm, cukup menarik bukan? Sangat jarang Anda tahu ada air panas alami di tengah hutan.

Namun sebelum Anda dapat menikmati kemewahan yang telah Tuhan berikan, Anda harus terlebih dahulu menapaki jalan tersebut.

Perjalanan dimulai dari area parkir kendaraan, dimana anda harus berjalan menyusuri jalan setapak yang masih asri untuk menuju lokasi tiket masuk.

Perjalanan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan sob, karena setiap langkahmu akan menyaksikan kuasa Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.

Di kiri kanan jalur yang akan Anda lewati, Anda akan disuguhkan keanekaragaman hayati, mulai dari perkebunan kopi, habitat Elang Jawa atau Nisaetus bartelis, kebun jati, hingga berbagai pepohonan yang menjulang tinggi.

Saat mulai lelah, kamu tidak perlu bad mood sob, karena ada pos pemberhentian yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan dengan pemandangan alam yang dijamin bisa menghilangkan penat setelah perjalanan.

jalur trekking
jalur trekking. peta google. sumber: Herry R. Taufik

lihat juga: reservoir kuningan darma

Selain bisa digunakan sebagai tempat istirahat, fasilitas ini juga bisa kamu manfaatkan untuk makan sambil ngobrol bareng sahabat travel, atau bisa juga dijadikan spot foto yang menakjubkan.

Waktu tempuh untuk sampai ke loket tiket masuk sekitar 20 menit, trekking Anda tidak berhenti sampai di situ. Anda masih harus melanjutkan trekking untuk sampai ke lokasi Lembah Cilengkrang, sekitar 20 menit lagi.

Selanjutnya setelah anda menyelesaikan rute tersebut, anda akan disuguhkan dengan suara gemericik air sungai yang akan menambah mood anda sobat. Airnya yang jernih dan menyegarkan, dijamin bisa menjadi obat penawar dari kepenatan perjalanan jauh.

Setelah melepas penat, bisa explore Lembah Cilengkrang sesuai ide sobat, mulai berendam di sumber air panas alami, mandi di aliran air dingin yang menyegarkan, selfie di bebatuan, atau menikmati makanan bersama teman seperjalanan sambil melingkar.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk ke Lembah Cilengkrang, jangan lupa ajak keluarga, teman, atau orang tersayang kamu.

Lokasi Lembah Cilengkrang

Lokasi Lembah Cilengkrang berada di Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

menyembuhkan bersama
penyembuhan bersama. peta google. sumber: Cerita Didi

lihat juga: balong keramat darmaloka

Untuk rute menuju Lembah Cilekarang Kuningan bisa memulai tour dari Alun-alun Kabupaten Kuningan sob.

Ambil arah timur laut di Jalan Aria Andaning lalu belok kiri ke Jalan Veteran. Setelah 240 m, belok kanan mengikuti Jalan Ajid/Jalan Nanggulung – Cirahayu sejauh 300 m.

Kemudian belok kiri menuju Jalan Syeh Maulana Akbar sejauh 1,5 km kemudian akan menemukan bundaran, terus lurus ke Jalan Dr. Ir. Soekarno sejauh 2,7 km.

Kemudian belok kiri ke Jalan Raya Cirendang sejauh 550 m, lalu belok kanan hingga ambil Jalan Desa Gunungkeling, Jalan Gandasoli Ragawacana, Jalan Jalaksana-Pejabon.

Lurus terus mengikuti Jalan Pejabon sejauh 2,7 km, dan Anda akan sampai di kawasan wisata Lembah Cilengkrang, Kuningan, Jawa Barat.

Jam Buka Lembah Cilengkrang

  • Jam operasional Lembah Cilengkrang buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Anda bisa mengunjungi Lembah Cilengkrang mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Lembah Cilengkrang adalah di pagi hari, mengingat trekking yang cukup jauh dan tidak tersedia lampu jalan.

Harga Tiket Lembah Cilengkrang

Tiket masuk ke Lembah Cilengkrang adalah:

  • Rp. 15.000,- hari kerja
  • Rp. 17.000,- akhir pekan
  • Rp. 5.000,- parkir kendaraan
air terjun cilengkrang
Air Terjun Cilengkrang. peta google. sumber: Andy Rohandy

baca juga : air terjun ngelay

Fasilitas Lembah Cilengkrang

Meski jauh dari keramaian dan lokasinya yang tersembunyi, Lembah Cilengkrang memiliki fasilitas yang memadai untuk kebutuhan pengunjung selama perjalanan. Beberapa dari mereka:

  • Area Parkir Kendaraan,
  • Toilet,
  • Masjid,
  • Pos satpam,
  • foto tempat,
  • warung,
  • gazebo,

Daya Tarik Lembah Cilengkrang

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Lembah Cilengkrang karena tergiur dengan atraksinya yang menawan, antara lain:

1. Area Hutan dan Bukit yang Indah

Menghabiskan waktu libur dengan berwisata ke Lembah Cilengkrang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang merindukan suasana alam yang asri, sejuk dan menyegarkan.

Saat Anda berada di lokasi wisata ini, Anda akan berjalan melewati hutan yang dikelilingi perbukitan yang mempesona.

Lelah dan teriknya cuaca siang hari akan sirna dengan pesona alam dan kesejukan yang disuguhkan di Lembah Cilengkrang. Setiap sudut sangat cocok untuk dijadikan spot foto Instagramable dan kekinian.

pemandangan yang menakjubkan
pemandangan yang menakjubkan. peta google. sumber: Suhendra

Lihat juga: Hutan kota Bungkirit

2. Habitat Elang Jawa

Lembah Cilengkrang juga merupakan kawasan konservasi, sehingga tak heran jika tempat wisata cantik ini menjadi tempat paling nyaman bagi elang.

3. Air Terjun atau Curug

Di Lembah Cilengkrang terdapat spot air terjun bernama Curug Cilengkrang, dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung.

Setelah menikmati perjalanan panjang melewati hutan dan perbukitan, Anda bisa melepas lelah dengan bermain air atau berenang di aliran air terjun Lembah Cilengkrang yang menyegarkan.

4. Pemandian Air Panas

salah satu sumber air panas
salah satu sumber air panas. peta google. sumber: arinda

lihat juga: danau remis

Selain bermain air atau berenang di Air Terjun Lembah Cilengkrang yang airnya dingin, Anda juga bisa berenang atau berendam di Pemandian Air Panas Lembah Cilengkrang.

Ada tiga sumber air panas yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Udara yang sejuk ditambah dengan sensasi berendam di air panas tentunya akan membuat Anda semakin rileks, dan puas menghabiskan waktu di Lembah Cilengkrang.

5. Piknik Keluarga

Lembah Cilengkrang juga sangat cocok sebagai tempat piknik bersama keluarga. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah, lalu menyantapnya bersama keluarga di tengah keindahan Lembah Cilengkrang.

Penutupan

Liburan ke Lembah Cilengkrang saat ke Kuningan. Nikmati semua fasilitas dan atraksi yang disuguhkan di destinasi wisata ini. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat atau orang tersayang untuk menikmati pesona Lembah Cilengkrang.

Baca Juga :  Curug Putri Palutungan, Wisata Kuningan Untuk Hulang Healing