Mongolian Culture Center, Wisata Citarasa Dunia Di KEK Tanjung Lesung

Mongolian Culture Center adalah objek wisata baru yang terletak di Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Mongolian Culture Center dari namanya saja sudah bisa terlihat bahwa konsep utamanya adalah menyajikan budaya Mongol, dari mulai pakaian, hingga rumah khasnya.

mongolian culture center pandeglang. google maps. sumber: agung dwibantoro

Kehadiran Mongolian Culture Center semakin mempertegas bahwa KEK Tanjung Lesung memang layak dijadikan sebagai kawasan wisata unggulan.

Perlu diketahui bahwa objek wisata yang ada di KEK Tanjung Lesung Banten sangat terkenal dengan keindahan alam pantainya, serta flora dan faunanya yang sangat beragam.

Kini, dengan hadirnya Mongolian Culture Center menjadi sebuah isyarat bahwa Tanjung Lesung bukan hanya sekedar tentang pesona hutan, dan pantai saja.

Simak juga: Taman Nasional Ujung Kulon.

Lokasi Mongolian Culture Center

  • Lokasi Mongolian Culture Center terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.
  • Alamat Mongolian Culture Center berada di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Panimbang, Provinsi Banten.
Baca Juga :  Wisata Cikajang, Mendamaikan Raga Di Sejuknya Udara

Simak juga: Pantai Tanjung Lesung

gerbang mongolian culture center
gerbang mongolian culture center. google maps. sumber: Brenda Yo

Jika anda berangkat dari DKI Jakarta, maka jarak tempuh menuju Mongolian Culture Center Pandeglang Banten adalah sekitar 188 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam perjalanan.

Tentu saja dikarenakan lokasinya terletak di ujung barat Pulau Jawa. Oleh karena itu disarankan bagi anda yang datang dari luar Pandeglang untuk merencanakan kunjungan wisata ke tempat lainnya.

Setidaknya itineray 2 hari 1 malam untuk healing ke tempat wisata yang dekat dengan Mongolian Culture Center. Salah-satunya berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung.

Simak juga: 13 Tujuan Wisata Di Banten Dan Sekitarnya

Harga Tiket Masuk Mongolian Culture Center

  • Tiket masuk Mongolian Culture Center Rp. 10.000 per orang.
  • Sewa baju di Mongolian Culture Center Rp. 50.000.
  • Sewa baju raja dan putri di Mongolian Culture Center Rp. 100.000.

Jam Buka Mongolian Culture Center

  • Mongolian Culture Center buka dari pukul 09.00 – 17.00.
  • Mongolian Culture Center beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Mongolian Culture Center

fasilitas mongolian culture center
fasilitas mongolian culture center. google maps. sumber: Mongolian Culture Center

Fasilitas wisata di Mongolian Culture Center adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Fun game,
  • Spot selfie tema Mongol,
  • Area panahan,
  • Berkuda,
  • Penyewaan kostum.

Daya Tarik Mongolian Culture Center

1. Sensasi Di Negeri Mongol

properti ala mongol
properti ala mongol. google maps. sumber: Mongolian Culture Center

Daya tarik utama Mongolian Culture Center tentu saja sensasi di negerei Mongol. Bahkan bahan-bahan, hingga kostumnya langsung dikirim dari negeri Mongol.

Arsitek dari wisata Mongolian Culture Center juga asli dari Mongol. Para pengunjung bisa sefie di dekat patung tokoh-tokoh Mongol, serta masuk ke rumah khas masyarakat Mongol yang berbentuk tenda.

Di dalam rumah tersebut terdapat penyewaan kostum Mongol. Dari mulai pakaian masyarakat biasa, hingga kostum layaknya putri, dan raja Mongol.

Etnis Mongolia memiliki kebiasaan hidup nomaden. Hal tersebut berdampak terhadap konsep tempat tinggalnya juga. Dan perlu diketahui juga bahwa negeri Mongol sangat luas, namun jumlah penduduknya sangat sedikit.

2. Wahana Lainnya

wahana berkuda
wahana berkuda. google maps. sumber: Mongolian Culture Center

Daya tarik selanjutnya dari Mongolian Culture Center adalah wahana lainnya seperti area memanah, dan berkuda. Wahana tersebut diseduaikan dengan konsep kebiasaan masyarakat Mongol.

Sekilas Tentang KEK Tanjung Lesung

Kawasan Khusus Ekonomi khususnya di sektor pariwisata untuk pertamakalinya status tersebut diraih oleh KEK Tanjung Lesung, tepatnya pada bulan Februari tahun 2015.

Penetapan status tersebut tentu saja sangat beralasan. Salah-satunya adalah pesona alamnya mampu menyedot animo wisatawan lokal, nasional, hingga internasional.

Bahkan kedepannya Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung diproyeksikan mampu memiliki andil, atau sumbangsih yang besar dari sisi ekonomi nasional, khususnya sektor wisata.