Pantai Kalipat, Surga Di Pulau Nusakambangan Cilacap

Pantai Kalipat salah satu pantai yang ada di Pulau Nusakambangan, ikon menyeramkan dari kabupaten yang berjuluk “bercahaya” ini. FYI, di Pulau Nusakambangan ternyata banyak pantai-pantai yang layak untuk dijadikan tujuan berwisata, yakni:

  • Pantai Karangpandan,
  • Pantai Permisan,
  • Pantai Kali Kencana,
  • Pantai Rancah Babakan,
surga tersembunyi. google maps. sumber: Oryz Amaldha

Beberapa pantai di atas masih jarang dikunjungi wisatawan, karena lokasinya yang masih tersembunyi dan membutuhkan effort yang lebih untuk menuju lokasi.

Dengan kehadiran pantai-pantai tersebut sedikit mengurangi rasa menakutkan dari Pulau Nusakambangan bukan? Dibalik hal yang menyeramkan selalu terselip segala sesuatu yang indah.

Berikut keindahan dari Pantai Kalipat yang dapat kami sampaikan, sebagai bahan referensi wisata untuk kamu yang sedang mencari lokasi hulang-healing yang sunyi di Cilacap, Jawa Tengah.

Lokasi Pantai Kalipat

  • Lokasi Pantai Kalipat berada di sebelah selatan Pulau Nusakambangan.
  • Tepatnya berada di Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute menuju Pantai Kalipat memang tidak mudah, satu-satunya kendaraan yang dapat digunakan ialah dengan menyewa sebuah perahu. Kamu dapat menyewa perahu dari Pantai Teluk Penyu dengan tujuan Pantai Karang Pandan.

Selanjutnya diteruskan dengan menapaki jalan setapak atau kerennya trekking dengan menyusuri hutan yang masih asri dan memiliki deretan pepohonan yang masih rindang.

ombak di pantai kalipat
ombak di pantai kalipat. google maps. sumber: aski nugraha

simak juga: pantai pasir putih

Jam Buka Pantai Kalipat

  • Jam buka Pantai Kalipat setiap hari selama 24 jam nonstop.

Namun perlu diperhatikan jam operasional dari perahu, yang hanya beroperasi dari pukul 07.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Kalipat

  • Harga tiket masuk Pantai Kalipat masih gratis ya.
  • Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa perahunya saja, yakni sekitar Rp. 10.000,- per orang

Fasilitas Pantai Kalipat

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Kalipat belum ada apa-apa, karena memang lokasinya yang masih sangat terpencil dan tersembunyi.

hunting foto keren
hunting foto keren. google maps. sumber: Erdy Yunan

simak juga: pantai kemiren

Daya Tarik Pantai Kalipat

1. Keindahan Yang Tersembunyi

Banyak yang menyematkan Pantai Kalipat ini sebagai surga yang tersembunyi, betapa tidak kondisi alamnya yang indah dan masih terjaga menjadi hal yang menjadi daya tarik utamanya.

Pantai Kalipat memiliki air laut yang masih bersih, jernih, dan berwarna biru. Dikelilingi pepohonan yang masih rindang di setiap titiknya, serta beberapa batuan karang dengan beragam ukuran ikut menghiasi pantai.

Kondisinya yang tenang dan damai, banyak dimanfaatkan pengunjung untuk camping di sekitar Pantai Kalipat. Tentunya dengan menyediakan keperluan selama berkemah sendiri ya…..

Sepanjang berkemah di Pantai Kalipat kamu akan ditemani dengan derasnya deburan ombak, yang datang silih berganti serta panorama sunset maupun sunrisenya yang cantik.

bermain air
bermain air. google maps. sumber: Mutiara Afsharie

simak juga: kampung laut cilacap

2. Spot memancing

Di sekitar Pantai Kalipat suka dimanfaatkan untuk mereka yang hobi memancing, so para mancing mania siapkan waktu luangmu untuk mencoba peruntungan di pantai ini.

3. Trekking di Tengah Hutan

Sebelum tiba di Pantai Kalipat harus melakukan trekking terlebih dahulu, jalurnya pun harus menyusuri tengah hutan yang masih cukup lebat dengan kondisi jalur yang masih alami.

Sepanjang perjalanan, kamu akan dapat menemukan beberapa tanaman yang sudah langka dan jarang ditemukan di daerah perkotaan.

Hindari memakai alas kaki yang licin dan tidak nyaman, serta datanglah di waktu pagi sehingga kamu dapat eksplor keindahan Pantai Kalipat lebih maksimal.

trekking menuju pantai
trekking menuju pantai. google maps. sumber: Johnson Kobe

simak juga: pantai kamulyan

Penutup

Pantai Kalipat dapat menjadi salah satu rujukan wisata di Pulau Nusakambangan, Cilacap. Pantai yang indah dan tersembunyi, lokasi yang tepat untuk menyendiri dan hulang-healing menghilangkan rasa yang lelah. Gasskeun ah!!

Baca Juga :  Air Terjun Lorotan Semar, Mistis Plus Cantik