Pantai Teluk Penyu Cilacap, Tempat Wisata Dengan View Yang Epic

Pantai Teluk Penyu salah satu wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Cilacap, secara kabupaten yang satu ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Beberapa pantai yang ada di Kabupaten Cilacap seperti:

  • Pantai Kamulyan,
  • Pantai Permisan,
  • Pantai Kalipat,
  • Pantai Kali Kencana,
  • Pantai Widara Payung,
pantai teluk penyu. google maps. sumber: Esa Wicaksana

simak juga: tempat wisata cilacap

Begitu banyak pilihan tempat wisata pantai di Kabupaten Cilacap, Pantai Teluk Penyu menjadi salah satu pantai yang diminati wisatawan untuk berlibur.

Asal Mula Nama Pantai Teluk Penyu

Sebelum kita ulas lebih jauh tentang Pantai Teluk Penyu, kita simak dulu asal muasal namanya yang terkesan unik. Sesuai namanya pantai ini memang berkaitan dengan hewan penyu.

Pantai ini membuat penyu nyaman untuk berkembang biak, karena kondisinya yang tidak begitu panas, selain itu di sekitar pantainya pun tidak terdapat hewan predator. Oleh karena itu, terlihat banyak penyu di sekitar pantai sehingga dinamakan Pantai Teluk Penyu.

Baca Juga :  Wisata Cikajang, Mendamaikan Raga Di Sejuknya Udara

Saat ini sudah tidak ditemukan lagi karena bermigrasi ke pulau terdekat seperti Bali dan Lombok, ada juga yang mengatakan disebabkan mulai padatnya aktivitas di sekitar pelabuhan minyak.

Dan ada yang menyebutnya karena ulah tangan jahil yang tidak bertanggung jawab, sehingga membuatnya lambat laun musnah.

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu Cilacap

1. Pasir Hitam Yang Eksotis

bermain air lautnya
bermain air lautnya. google maps. sumber: Titi Rahayu

simak juga: alun alun cilacap

Pantai Teluk Penyu memiliki ombak yang cukup besar, karena posisinya yang beradapan langsung dengan Samudera Hindia. Di sekitarnya dihiasi dengan pepohonan yang cukup rindang.

Selain itu Pantai Teluk Penyu memiliki hamparan pasir hitam yang begitu eskotis, lembut, dan cukup luas. Banyak anak-anak yang senang bermain diatas hamparan pasirnya.

Kamu dapat berjalan di atas jembatan yang menjorok ke arah laut, dengan menikmati hembusan angin yang cukup kencang. Lokasi ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk hunting foto-foto yang instagramable.

Jembatan tersebut merupakan beton pemecah ombak, dengan fungsi utamanya ialah untuk mencegah terjadinya abrasi pantai sehingga tidak membahayakan dan merusak pantai.

Meski memiliki ombak yang cukup besar, kamu masih dapat bermain air lautnya. Namun tetap harus berhati-hati ya, dan selalu memperhatikan anak-anak ketika bermain di Pantai Teluk Penyu.

2. View Pulau Nusakambangan

Salah satu daya tarik dari Pantai Teluk Penyu salah satunya ialah view dari Pulau Nusakambangan yang sangat terkenal itu. Semua orang tahu bahwa pulau tersebut terkenal sebagai lokasi penjara yang memiliki keamanan tingkat tinggi.

Kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk menyebrang ke Pulau Nusakambangan. FYI, pulau yang terkesan seram ini ternyata memiliki hutan tropis yang dapat menjadi kawasan wisata.

Selain view dari Pulau Nusakambangan, dari Pantai Teluk Penyu ini kamu juga dapat menyaksikan kapal tanker yang hilir mudik dari Pelabuhan Tanjung Intan yang dikelola oleh PT. Pertamina.

Baca Juga :  Gua Maria Kaliori Banyumas, Sejuk, Indah, Dan Damai
jembatan pemecah ombak
jembatan pemecah ombak. google maps. sumber: Panca Purwoko

simak juga: gunung selok

3. Kecantikan Sunset dan Sunrise

Di Pantai Teluk Penyu kamu dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise, sangat jarang sebuah pantai memiliki panorama keduanya.

4. Sedekah Laut

Sedekah laut di Pantai Teluk Penyu selalu dilaksanakan setiap tanggal 1 Syuro yang dilaksanakan oleh nelayan sekitar dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang didapat.

Lokasi Pantai Teluk Penyu

  • Alamat Pantai Teluk Penyu berada di Jl. Jend. Ahmad Yani No.8, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
  • Lokasi Pantai Teluk Penyu berdekatan dengan Benteng Pendem dan pelabuhan yang dikelola PT. Pertamina.
panorama pantai yang cantik
panorama pantai yang cantik. google maps. sumber: Handis Muzaky

Rute menuju Pantai Teluk Penyu sangat muda, jaraknya hanya sekitar 2 km saja dari pusat kota, dan dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jika berangkat dari Alun Alun Cilacap dengan mengarahkan kendaraanmu ke arah selatan, terus lurus untuk menuju Jl. Jend. Amad Yani. Setelah itu belok kiri setelah Shaolin Music, terus lurus untuk menuju Jl. Brug Menceng.

Dan belok kiri ke Jl. Pasir Emas, selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Pantai Teluk Penyu. Waktu yang dibutuhkan sekitar 6 menit saja, jika kondisi jalan lancar. Dengan jarak tempuh kira-kira sejauh 2,2 km.

Jam Buka Pantai Teluk Penyu

Jam operasional Pantai Teluk Penyu buka selama 24 jam nonstop

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Tiket masuk Pantai Teluk Penyu sangat murah yakni dengan membayar Rp. 8.000,- saja per orangnya.

view pantai teluk penyu
view pantai teluk penyu. google maps. sumber: indriani

simak juga: kemit forest

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Teluk Penyu cukup memadai untuk kemudahan para wisatawan, seperti tersedianya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Penyewaan perahu,
  • Toko makanan dan minuman,
  • Toko oleh-oleh dan souvenir,
  • Hotel atau penginapan,