Pulau Seprapat Juwana, Tempat Beken Para Pemburu Senja

Saat mendengar Pulau Seprapat Juwana apa yang terlintas dibenakmu?  Mungkin sebagian akan menjawab Pulau Seprapat kental dengan cerita mistisnya. Meski begitu, makin sini Pulau Seprapat menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi.

Pulau Seprapat adalah salah satu tempat wisata gratis yang ada di Pati, Jawa Tengah. Dari hari biasa, akhir pekan, hingga hari libur tempat ini selalu menarik hati para pengunjung. Tak hanya dari dalam kota, dari berbagai daerah pun turut penasaran akan daya tarik yang ditawarkan.

senja di pulau seprapat. google maps. sumber: Bayu Prasetyo

simak juga: sendang sani pati

Banyak orang yang sengaja berkunjung untuk sekedar menikmati suasana sambil duduk manis diatas motor. Banyak pedagang juga yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman untuk dinikmati pengunjung.

Jika dilihat secara geografis, Pulau Seprapat Juwana ini ditumbuhi pohon-pohon tinggi besar dan rindang, yang memang cocok untuk habitat para kera.

Terlepas dari hal itu, keindahan Pulau Seprapat Juwana memang patut diacungi jempol. Meski belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, tapi tempat yang satu ini tetap menjadi primadona bagi yang datang.

Daftar isi

Lokasi Pulau Seprapat Juwana

Lokasi Pulau Seprapat Juwana ada di Area Tambak, Growong Lor,  Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Untuk sampai ke Pulau Seprapat Juwana kamu bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi roda dua, roda empat, atau kendaraan umum.

Jaraknya pun tidak jauh dari Alun-alun Pati yang terletak di pusat kota, cukup 26 menit saja kamu sudah sampai ke lokasi wisata.

Ambil arah utara di Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Pati/Jalan Raya Tuban – Semarang/Jalan Tombronegoro menuju Jalan Jenderal Sudirman sejauh 150 meter.

pulau seprapat
pulau seprapat. google maps. sumber: yulia editia

Setelah itu lanjutkan sejauh 65 meter di jalan Jalan DR. Wahidin/Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Pati/Jalan Raya Tuban – Semarang. Belok kiri ke Jalan Pemuda/Jalan Raya Pantura/Jalan Raya Pati/Jalan Raya Pati – Juwana/Jalan Raya Tuban – Semarang.

Lalu, arahkan kendaraanmu menuju Jalan W.R Supratman dan teruskan sampai di Jalan Bajomulyo. Tak lama lagi kamu akan segera sampai di Pulau Seprapat Juwana.

simak juga: wisata agro jollong

Jam Buka Pulau Seprapat Juwana

Pulau Seprapat Juwana buka 24 jam dari hari Senin sampai dengan Minggu.

Harga Tiket Pulau Seprapat Juwana

Tidak diterapkan biaya tiket masuk untuk berwisata ke Pulau Seprapat Juwana alias gratis.

Fasilitas Pulau Seprapat Juwana

Fasilitas yang ada di Pulau Seprapat Juwana, diantaranya:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Tempat Ziarah,
  • Warung Makanan,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Perahu Layar,
  • Spot Foto.
perahu yang bersandar di sekitar pulau
perahu yang bersandar di sekitar pulau. google maps. sumber: Dina Mardiana

Daya Tarik Pulau Seprapat Juwana

1. Berlayar Mengarungi Keindahan Pulau

simak juga: waduk gunung rowo

Saatnya bagi kamu untuk refreshing di alam terbuka dengan menaiki perahu layar yang besar untuk mengarungi keindahan Pulau Seprapat Juwana.

Perahu ini bisa ditumpangi lima hingga enam orang, jadi kamu bisa seru-seruan bareng dengan mengajak teman atau keluarga untuk berlayar di pulau ini.

Saat berlayar, kamu akan melihat pepohonan rindang disekeliling. Hembusan angin sepoi-sepoi selama di atas perahu dijamin membuat tubuhmu rileks!

2. Tempat ‘Chill’  Anak-anak Senja

Anak-anak muda zaman sekarang sangat bersemangat kalau berhubungan dengan senja. Ya, Pulau Seprapat Juwana selalu dijadikan tempat favorit untuk kamu nge-chill bareng temen tongkrongan dengan menangkap momen matahari terbenam (Sunset) tepat dipelupuk mata.

Kamu bisa duduk sambil ngopi-ngopi asyik di tepi pulau, mendengarkan alunan musik syahdu sambil memandang momen indah saat senja tiba.

Nah, bagi kamu yang hobi fotografi atau videografi spot senja di pulau ini benar-benar epic. Hasilnya sudah pasti Instagramable abis.

anak anak senja
anak anak senja. google maps. sumber: LINTANG PRATAMA

simak juga: waduk seloromo

3. Tempat Ziarah

Selain berfungsi sebagai tempat wisata alam, Pulau Seprapat juga merupakan tempat wisata religi. Ditengah pulau ini terdapat Makam Syekh Datuk Lodang yang merupakan tokoh penyebar Agama Islam yang disegani masyarakat setempat.

Para wisatawan yang datang tidak melewatkan kesempatan untuk ngalap berkah di makam ini dengan mendoakan beliau.

Setiap bulan Syawal, selalu diadakan pengajian di makam ini. Dari tahun ke tahun peziarah yang datang untuk melakukan tradisi ini semakin bertambah.

FYI, makam Syekh Datuk Lodang ini dinaungi infrastutur yang di design seperti mushola. Kamu bisa melihatnya sendiri saat berkunjung ke Pulau Seprapat ini.

4. Sejarah Pulau Seprapat

Cerita mistis Pulau Seprapat Juwana sudah menjadi bagian dari daya tarik objek wisata yang satu ini. Konon, pada masa Kerajaan Majapahit pulau ini dijadikan tempat pesugihan.

Dimana kera-kera yang ada di Pulau Seprapat adalah jelmaan siluman yang dulunya adalah manusia yang melakukan pesugihan karena mendambakan kekayaan.

makam keramat
makam keramat. google maps. sumber: Vajra Mandala

simak juga: goa wareh

Penutup

Bagaimana tertarik untuk berlibur di Pulau Seprapat Juwana ini? Tempat wisata yang indah dengan berbagai daya tarik yang memikat hati. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja, di tengah hari pun, suasananya tetap menyenangkan.