Kendalisodo, Puncak Hanoman Yang Bikin Gerrr di Pekalongan

Kendalisodo merupakan nama sebuah gunung yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namun kali ini kami akan membahas mengenai sebuah bukit atau gunung yang lokasinya di Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Tempat wisata alam ini lebih dikenal dengan nama Puncak Hanoman Kendalisodo, yang menjadi tujuan utama para pengunjung. Tentunya dengan menikmati keindahan dari ketinggian sekitar 1695 mdpl.

landscape alam semesta. google maps. sumber: Nasrul Lathif

simak juga: sipare green park

Panorama yang indah dan masih asri menjadi daya tarik utama dari sebuah tempat wisata alam. Petungkriyono sendiri memiliki banyak tempat wisata andalan yang menjadi tujuan para pelancong.

Penyematan Hanoman sendiri memang berkaitan dengan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu, yang dipercaya bahwa Hanoman pernah bertapa di Gunung Kendalisodo.

Untuk kamu yang hobi hiking ataupun camping, wajib banget untuk dijajal hiking ke Puncak Hanoman Kendalisodo Petungkriyono ini. Berikut review lengkapnya!

Trekking ke Puncak Hanoman Kendalisodo

Layakya mendaki gunung pada umumnya, kamu harus menempuh perjalanan yang tidak mudah atau bahasa kerennya hiking atau trekking. Jalurnya masih sangat alami, dengan didominasi tanjakan hingga tiba di puncak.

Baca Juga :  Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas, Wisata Outdoor Lengkap dan Kekinian

Meski jalur trekkingnya sudah tertata dengan baik, namun tetap saja medannya tidak mudah. Hingga pastikan menggunakan alas kaki yang tepat dan juga nyaman.

Mendekati puncak, jalurnya sangat landai dengan suasana yang berkabut jika kamu tiba di sore hari. Untuk akhirnya tiba di Puncak Hanoman Kendalisodo akan melewati tiga buah pos tanpa adanya warung ataupun toilet dengan estimasi waktu trekking hingga 1 jam.

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: teksaas pekalongan

simak juga: welo asri

Daya Tarik Kendalisodo

1. Puncak Hanoman Kendalisodo

Daya tarik utama dari Bukit Kendalisodo tentu saja bagian puncaknya, dan biasa disebut Puncak Hanoman Kendalisodo. Dan menjadi spot utama untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata.

Sejauh mata memandang yang tampak hanyalah hamparan alam yang ijo-ijo, hingga pemukiman warga. Bahkan di waktu-waktu tertentu akan tampak lautan kabut, yang memberikan sensasi negeri di atas awan.

Puncak Hanoman Kendalisodo pula lah tempat yang tepat untuk menikmati sajian sunrise maupun sunset. Eh iya, di puncaknya juga pula lah kamu akan melihat beberapa batuan yang menyerupai meja dan kursi. Yang konon katanya merupakan peninggalan pada zaman batu.

2. Bumi Perkemahan

camping di ketinggian
camping di ketinggian. google maps. sumber: Shandy Eksani Putra

simak juga: curug sibedug

Berkemah atau camping ialah salah satu cara hulang-healing bagi para pendaki, lelah pendakian terbayarkan dengan suasana yang menenangkan. Jauh dari berisiknya perkotaan, dan kesibukan yang tiada henti.

Tak jauh dari camping ground terdapat sebuah hutan yang dari jauh tampak menyeramkan, apalagi jika kabut mulai menghiasi. Namun untuk dijadikan spot foto, ajib banget.

Lokasi Kendalisodo

Lokasi Puncak Hanoman Kendalisodo berada di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Puncak Hanoman Kendalisodo, jika berangkat dari Alun Alun Kajen Kabupaten Pekalongan akan memakan jarak tempuh sekitar 45 km. Kamu nantinya akan melewati tempat wisata Black Canyon.

Yakni dengan mengarahkan kendaraan ke Jl. Raya Karanganyar hingga tiba di Jl. Raya Doro – Petungkriyono. Estimasi waktu perjalanannya sekitar 1 jam lebih ya.

kursi batu
kursi batu. google maps. sumber: Samsudin SVT

simak juga: telaga sigebyar mangunan

Jam Buka Kendalisodo

  • Tidak ada ketentuan khusus tentang jam operasional Bukit Kendalisodo Petungkriyono.
  • Artinya terbuka setiap hari selama 24 jam nonstop.
  • Banyak pendaki yang datang untuk mengejar sunset.

Harga Tiket Masuk Kendalisodo

Tiket masuk Puncak Hanoman Kendalisodo pun tidak ada ketentuan khusus.

Fasilitas Kendalisodo

Fasilitas umum di sekitar Puncak Hanoman Kendalisodo masih sangat alami, hingga hanya ada sebuah area tempat duduk yang terbuat dari batu dan juga sebuah ayunan sederhana.

main ayunan
main ayunan. google maps. sumber: Ghufron Rifaz

simak juga: puncak tugu petungkriyono

Tips Wisata

Alangkah baiknya simak beberapa tips wisata berikut sebelum berangkat hiking ke Puncak Hanoman Kendalisodo:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Persiapkan kebutuhan logistik yang memadai.
  • Selalu jaga tata krama dan kebersihan.
  • Persiapkan pakaian hangat.
  • Hindari datang di musim penghujan.

Penutup

Menikmati senja di Puncak Hanoman Kendalisodo, merupakan salah satu cara hulang healing yang paling ajib dan pastinya bikin gerrr.