Sendang Semurup, Tempat Mancing Yang Instagramable Di Sukoharjo

Sendang Semurup adalah wisata sukoharjo yang menawarkan konsep wisata alam, khususnya tempat mancing yang ditata secara baik, dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan trend wisata kekinian.

Sendang Semurup bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata di Kabupaten Sukoharjo terutama saat liburan tiba. Karena di kawasan tersebut terdapat banyak spot selfie yang instagramable, serta wahana wisata lainnya.

sendang semurup sukoharjo. google maps. sumber: Enje

Bahkan kelebihan lainnya dari Sendang Semurup adalah salah-satu tempat wisata di Sukoharjo yang murah, tetapi tidak murahan, dan tiket masuknyapun gratis.

Oleh karena itu, siapkan kamera, alat pancing, dan umpan terbaik anda sebelum menuju ke Sendang Semurup Sukoharjo. Dan simak terlebih dahulu reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda.

Simak juga: Royal Water Adventure

Lokasi Sendang Semurup

Lokasi Sendang Semurup berada di alamat Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57571.

Simak juga: The Heritage Palace

pintu masuk sendang semurup
pintu masuk sendang semurup. google maps. sumber: Enje

Jalan menuju Sendang Semurup Sukoharjo bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Akses jalannya akan melewati daerah perkampungan.

Meskipun beberapa titik kondisi jalan perkampungannya belum diaspal, atau dicor, tetapi cukup baik untuk dilalui oleh kendaraan para pengunjung.

Jarak tempuh dari Alun – Alun Kabupaten Sukoharjo ke wisata Sendang Semurup sekitar 14 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit melalui Jl. Wonogiri – Sukoharjo.

Simak juga: Ronce Stable

Harga Tiket Masuk Sendang Semurup

  • Tiket masuk Sendang Semurup gratis.
  • Parkir mobil di Sendang Semurup Rp. 5.000.
  • Parkir motor di Sendang Semurup Rp. 2.000.

Simak juga: Gunung Sepikul

Jam Buka Sendang Semurup

Objek wisata Sendang Semurup Sukoharjo buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

Simak juga: Gunung Taruwongso

Fasilitas Di Sendang Semurup

fasilitas gazebo
fasilitas gazebo. google maps. sumber: Vera Ningsih

Fasilitas wisata di Sendang Semurup adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Warung,
  • Spot selfie,
  • Kolam pemancingan,
  • Becak air,
  • Toilet,
  • Mushola.
  • Gazebo.

Simak juga: Wisata Alam Batu Seribu

Daya Tarik Sendang Semurup

Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan pesona keindahan di objek wisata tersebut, ada baiknya kita mengenal arti kata dari Sendang Semurup.

Dalam bahasa Jawa, Sendang memiliki arti kolam. Sementara Semurup memiliki arti matahari terbenam. Mungkin saja dulunya banyak orang yang menikmati keindahan matahari terbenam di dekat area kolam tersebut.

Dan inilah beberapa daya tarik dari objek wisata Sendang Semurup Sukoharjo, Jawa Tengah:

1. Spot Mancing Yang Nyaman

kolam pemancingan
kolam pemancingan. google maps. sumber: Sri Mulyani

Konten utama dari Sendang Semurup yang paling populer adalah sebagai tempat mancing di Sukoharjo yang nyaman, luas, dan bersih.

Maka bagi anda yang baru pertamakali datang ke tempat tersebut, jangan heran jika banyak orang yang macing di tepian kolam yang luas.

Bagi sebagian orang, aktivitas memancing bisa menjadi salah-satu upaya self healing dari tekanan pekerjaan, atau kesibukan pekerjaan yang tiada henti selama sepekan.

2. Spot Selfie

ragam spot selfie
ragam spot selfie. google maps. sumber: Aliudin Rahmanto

Sendang Semurup bukanlah tempat macing biasa, karena jarang sekali sebuah tempat pemancingan yang memiliki spot selfie yang instahramable di sekelilingnya.

Spot selfie di Sendang Semurup memiliki latar alam berupa kolam yang luas, serta latar alam khas pedesaan. Ada juga jalur trekking yang sudah tertata secara baik, dan bersih, yang mengelilingi kawasan tersebut.

Inilah beberapa spot selfie yang ada di Sendang Semurup:

  • Pintu masuk yang khas, atau ikonik,
  • Kendi Pranawa Jati,
  • Kendi Pancawara,
  • Balon Udara,
  • Jembatan Melengkung.

3. Becak Air

Terdapat satu wahana yang bisa dicoba oleh pengunjung saat berada di Sendang Semurup, yaitu becak air yang dibentuk menyerupai bebek, dan angsa.

Becak air tersebut akan mengitari kolam yang bersih dari sampah, dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri. Jalur becak air tersebut tentu saja tidak akan mengganggu aktivitas orang-orang yang sedang mancing.

Baca Juga :  Taman Pakujoyo, Taman Cantik Anti Mesum Di Sukoharjo