Taman Pakujoyo, Taman Cantik Anti Mesum Di Sukoharjo

Taman Pakujoyo adalah salah-satu taman di Sukoharjo yang sangat populer, inspiratif, dan bisa dibilang sebagai taman yang memiliki aturan anti mainstream.

Taman Pakujoyo memiliki aturan yang menjadi pro, dan kontra khususnya di kalangan milenial. Yaitu bagi siapa saja yang kepergok berduaan, atau mesum akan langsung diceburkan ke danau yang ada di sana.

taman lalu lintas pakujoyo. google maps. sumber: IWAN JAYA SOLO

simak juga: wisata alam batu seribu

Memang Taman Pakujoyo Gayam Sukoharjo sangat menarik animo para pengunjung. Selain alasan view alam sekitar yang indah, teduh, di sisi lain juga sebagai wisata Sukoharjo yang murah meriah.

Tentu saja penulispun sangat tidak sepakat jika public space, atau ruang terbuka hijau dipakai untuk berbuat mesum. Meskipun penulis tahu, dan pernah juga merasakan bagaimana rasanya dilanda asmara, hehehe.

Bagi anda yang belum tahu ada apa saja di Taman Pakujoyo Sukoharjo, maka inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untu anda. Yuk gasskeun!

Sejarah Taman Pakujoyo

Sejarah Taman Pakujoyo  sangat inspiratif, dan visioner. Pada mulanya, tanah Taman Pakujoyo adalah lahan milik Keluarahan Gayam yang diperuntukan bagi sektor pertanian.

Tetapi karena akhirnya lahan tersebut kurang produktif dari sisi pertanian, maka dirubah menjadi area publik berupa taman cantik lengkap dengan spot – spot tambahan yang kekinian.

Baca Juga :  Famoso Garden, Wisata Kuliner Ke Negeri Dongeng Di Bandung

Taman Pakujoyo memiliki luas sekitar 4.371 meter persegi. Dengan luas tersebut menjadikannya sebuah objek wisata yang sangat cocok sebagai wisata keluarga di Sukoharjo.

danau taman pakujoyo
danau taman pakujoyo. google maps. sumber: Awang Sanjaya

simak juga: the heritage palace

Lokasi Taman Pakujoyo

Lokasi Taman Pakujoyo berada di alamat Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Letak Taman Pakujoyo sangat strategis, karena berada di dekat Alun-ALun Satya Negara Sukoharjo. Jarak dari Alun Alun tersebut sekitar 2 kilometer, dengan waktu tempuh hanya 10 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Namanya juga dekat dengan jantung kota, maka kondisi jalannya juga bagus, dan bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk Taman Pakujoyo

Tiket masuk ke Taman Pakujoyo Sukoharjo gratis.

area playground
area playground. google maps. sumber: Heru Pramono

simak juga: ronce stable

Jam Buka Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Taman Pakujoyo

Fasilitas wisata di Taman Pakujoyo adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • CCTV,
  • Jalur trekking, atau Jogging,
  • Taman,
  • Danau,
  • Wahana bermain anak,
  • Warung-warung,
  • Spo selfie.

Daya Tarik Taman Pakujoyo

1. Taman Cantik

taman yang asri
taman yang asri. google maps. sumber: irfan prasetyo

simak juga: gunung pegat

Taman Pakujoyo sering juga dikenal sebagai salah-satu ikon Kabupaten Sukoharjo. Sebuah taman yang ditata secara baik, terintegrasi, dan edukatif.

Pohon-pohon besar yang ada di kawasan tersebut memberikan nuansa keteduhan, dan kesejukan. Antar spot dihubungkan oleh jalur trekking yang berwarna-warni.

Di sisi lain, terdapat sebuah danau cantik yang memanjakan mata. Selain itu, danau tersebut juga dilengkapi dengan beberapa wahana air.

2. Wisata Keluarga Yang Nyaman

wahana mobil mobilan
wahana mobil mobilan. google maps. sumber: intan rizky

simak juga: gunung taruwongso

Taman Pakujoyo sangat populer sebagai wisata di Sukoharjo yang murah, dan nyaman. Salah-satu alasannya karena banyaknya wahana permainan anak yang ada di objek wisaya tersebut.

Setiap wahana permainan anak akan dikenakan biaya terusan. Selain itu, terdapat juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

Hanya saja penulis sangat menyayangkan masih saja ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Dan perlu diingat bahwa sampah adalah musuh terbesar sebuah objek wisata.

Oleh karena itu, diharapkan kepada para orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya membuang sampah pada tempatnya. Karena maintenance itu adalah hal yang lebih sulit daripada membangun.