Taman Purbakala Cipari, Tempat Liburan Sambil Belajar Di Kuningan

Taman Purbakala Cipari sering dijadikan tujuan wisata edukasi di Kuningan, Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui bahwa Kuningan tidak hanya memiliki wisata alam yang indah, tetapi juga wisata edukasi.

Taman Purbakala Cipari merupakan salah satu situs purbakala yang penting untuk diketahui oleh generasi muda, dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kuningan.

situs museum taman purbakala cipari. peta google. sumber: Muhammad Imanudin Abubakar

lihat juga: pemandangan sukageuri

Pasalnya, Taman Purbakala Cipari memiliki beberapa situs peninggalan mulai dari zaman megalitik atau zaman batu, sehingga tidak aneh jika Taman Purbakala Cipari sering menjadi referensi untuk studi wisata.

Menurut hasil penelitian peneliti, Taman Purbakala Cipari diperkirakan telah melewati dua masa pemukiman, yaitu akhir zaman Neolitikum dan awal Zaman Perunggu.

Tak hanya itu, Situs Taman Purbakala Cipari juga dihiasi dengan taman-taman yang asri. Agar anak-anak tidak bosan jika mengajak mereka ke tempat wisata Kuningan ini.

Daftar isi

Sejarah Situs Taman Purbakala Cipari

Situs Taman Purbakala Cipari ditemukan pertama kali oleh warga sekitar pada tahun 1972, kemudian sekitar tahun 1975 dilakukan penggalian arkeologi yang dipimpin oleh Teguh Asmar.

Yang pada saat itu berhasil menemukan berbagai jenis peralatan dapur, gerabah, perunggu, dan sisa-sisa pondasi bangunan.

peti batu
peti batu. peta google. sumber: Ferryanita F

baca juga : tempat wisata cibulan

Kemudian pada tahun 1978 Taman Purbakala Cipari diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu yaitu Prof. Dr. Sharif Thayeb. Sebelum memasuki area situs, ada sebuah prasasti bertuliskan tanda tangannya.

Di dalam Museum Situs Taman Purbakala Cipari terdapat maket sebelum dan sesudah penggalian, yang juga disertai dengan sejarah singkatnya.

Lokasi Taman Purbakala Cipari

Lokasi atau alamat Taman Purbakala Cipari berada di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Rute menuju Taman Purbakala Cipari, jika dimulai dari Lapangan Kuningan, adalah menuju Jalan Aria Kamuning hingga tiba di Jalan Veteran. Kemudian belok kanan ke Jalan Nanggulung – Cirahayu/ Jalan Syeh Maulana Akbar.

Setelah itu belok kiri menuju Jalan Raya Cigugur, lalu terakhir belok kanan dan Anda akan sampai di Situs Taman Purbakala Cipari.

Waktu yang dibutuhkan untuk akhirnya sampai di Taman Purbakala Cipari, adalah sekitar 12 menit, dan akses jalan dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Taman yang indah
Taman yang indah. peta google. sumber: Ari Kurniawan |

lihat juga: taman wisata alam linggarjati

Jam Buka Taman Arkeologi Cipari

  • Jam operasional Taman Purbakala Cipari buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Anda bisa mengunjungi Taman Purbakala Cipari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Harga Tiket Cipari Pubakala Park

Tiket masuk Taman Purbakala Cipari hanya Rp. 5.000,- saja

Fasilitas Taman Cipari Pubakala

Sebagai tempat wisata yang di dalamnya terdapat situs peninggalan sejarah, Taman Purbakala Cipari tidak memiliki banyak fasilitas umum. Fasilitas yang ada di Taman Purbakala Cipari, antara lain:

  • Area Parkir Kendaraan,
  • Toilet,
  • Museum Situs Taman Arkeologi Cipari,
  • Taman,
  • Masjid,
sekitar kuningan
sekitar kuningan. peta google. sumber: Teresia Pujayanti

lihat juga: taman rekreasi gunung

Atraksi Taman Cipari Pubakala

Taman Purbakala Cipari memiliki berbagai situs peninggalan purbakala dan menjadi daya tarik tersendiri, antara lain:

1. Makam Batu

Jika Anda berkunjung ke Taman Purbakala Cipari Anda akan melihat langsung Kotak Makam Batu. Yang berfungsi sebagai peti mati pada zamannya yang didalamnya terdapat peralatan yang biasa digunakan seperti Tembikar, Kapak Batu, Perhiasan dan lain-lain untuk dimakamkan.

2. Gelang Batu Pertemuan

Kemudian ada Gelang Batu Temu, yaitu kumpulan batu berbentuk lingkaran yang di tengahnya terdapat lahan kosong yang cukup luas. Yang digunakan sebagai tempat musyawarah atau berkumpul.

batu altar
batu altar. peta google. sumber: Lebah Lebah

lihat juga: lembah cilengkrang

3. Altar Batu dan Dolmen

Di Taman Purbakala Cipari juga terdapat Batu Altar dan Dolmen yang digunakan sebagai sarana pemujaan pada zaman dahulu.

Altar batu berfungsi sebagai tempat upacara dan pemujaan. Sedangkan Dolmen adalah batu yang memiliki bagian datar di bagian atasnya yang berfungsi sebagai tempat menyimpan sesajen.

3. Batu Dakon

Batu Dakon ini memiliki desain yang mirip dengan Permainan Congklak, letaknya tidak jauh dari Batu Altar. Batu tersebut berfungsi sebagai tempat berkumpulnya obat-obatan atau berkumpulnya peribadatan.

4. Batu Menhir

Batu menhir ini berbentuk seperti tugu besar yang berdiri tegak di atas tanah. Sebagai simbol penghormatan terhadap leluhur yang telah meninggal.

salah satu koleksi museum
salah satu koleksi museum. peta google. sumber: Muhammad Imanudin Abubakar

lihat juga: reservoir dharma

5. Museum Situs Arkeologi Cipari

Selain melihat berbagai situs di area outdoor, Anda juga bisa melihat peninggalan lain yang tersimpan rapi di museum lengkap dengan deskripsinya.

Penutupan

Berwisata ke Taman Purbakala Cipari ibarat liburan sambil menuntut ilmu. Selain bisa jalan-jalan melihat situs peninggalan sejarah, Anda juga bisa menikmati keindahan taman dan sejuknya udara.