23 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Menawan hati

Banyuwangi berasal dari kisah Putri Sri Tanjung yang menceburkan diri ke sungai untuk membuktikan kesetiaannya kepada Raden Banderang, suaminya. Kebenaran terbukti dengan perubahan air sungai menjadi harum.

Tentu kisah tersebut hanya fiktif belaka sebagai cerita rakyat yang melegenda turun-temurun. Fakta sejarahnya, Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Blambangan. Kini, Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten sekaligus kota di provinsi Jawa Timur yang letaknya di ujung timur pulau Jawa.

Kota yang dijuluki sebagai The Sunrise of Java ini menjadi transit bagi wisatawan yang hendak menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Meski sebagai kota transit, Banyuwangi memiliki potensi wisata yang tak kalah eksotis dengan Bali. Banyak tempat wisata di Banyuwangi yang menawan hati, sehingga selalu menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata pantai hingga pesona panorama pegunungan tersaji di kota ini. Pantas jika Anda memasukkan kota ini ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi, karena memang tempat wisata di Banyuwangi akan membuat Anda terpana. Berikut 13 tempat wisata di Banyuwangi yang menawan hati untuk disinggahi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau kawah seluas 20 km dengan dinding kaldera setinggi 300 hingga 500 meter. Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Bahkan keindahannya telah dikenal luas hingga mancanegara.

image: www.indonesia.travel

Daya tarik dari kawah yang terletak di Gunung Ijen ini adalah api biru atau blue fire. Blue fire adalah fenomena alam yang terjadi akibat adanya aliran belerang di sekitar kawah. Untuk bisa menikmati keindahan fenomena alam ini, Anda harus mengunjungi tempat wisata ini pada malam hari. Meski mempesona, namun tempat wisata di Banyuwangi ini cukup berbahaya, karena suhunya mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman tinggi yang sanggup meleburkan segala sesuatu termasuk tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda harus tetap hati-hati.

Simak juga: review tempat wisata di Bandung

Pantai Plengkung

Satu lagi tempat wisata di Banyuwangi yang keindahannya terkenal hingga mancanegara, Pantai Plengkung. Bagi Anda yang hobi berselancar tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Pantai Plengkung memiliki ombak besar membentuk tujuh gulungan dengan ketinggian mencapai 6 meter. Oleh sebab itu, pantai ini dijuluki sebagai The Seven Giant Waves Wonder.

Pantai Plengkung
image: loop.co.id

Daya tarik utama dari Pantai Plengkung adalah kegiatan selancarnya. Meski begitu, Anda juga bisa menikmati keindahan lain dari tempat wisata di Banyuwangi ini, seperti hutan tropis yang ada di sekitar pantai dan air terjun yang terdapat di dalam hutan. Suatu paket tempat wisata yang tak hanya memberikan kepuasan tetapi juga kesan mendalam.

Simak: daftar tempat wisata di Pacitan

Pantai Watu Dodol

Meski terletak di perbatasan antara Banyuwangi dengan Situbondo, namun Pantai Watu Dodol secara administratif termasuk dalam wilayah Banyuwangi, tepatnya Kecamatan Kalipuro. Dari Pelabuhan Ketapang, hanya berjarak sekitar 2 km saja.

Pantai Watu Dodol
image;www.pegipegi.com

Lokasi tempat wisata ini sangat mudah ditemukan karena terdapat tanda bongkahan batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung yaitu penari khas Banyuwangi. Pantai Watu Dodol menawarkan pemandangan alam yang indah dilengkapi dengan deretan warung makan yang siap menggoyang lidah Anda.

Pantai Rajegwesi

Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata pantai, salah satunya Pantai Rajegwesi. Lokasinya berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini memiliki keunikan pada pasirnya yang berwarna kecokelatan, karena adanya endapan lumpur.

Pantai Rajegwesi
image;www.pegipegi.com

Tak seperti pantai lainnya, tempat wisata di Banyuwangi ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang memukau tetapi juga wisata sejarah. Di sini, Anda bisa menemukan bangunan bersejarah di masa penjajahan Jepang berupa bunker.

Lihat juga artikel daftar tempat wisata di Bali

Pantai Pulau Merah

Tempat wisata di Banyuwangi ini menjadi salah satu tujuan peselancar, karena juga memiliki gulungan ombak yang cukup besar dengan ketinggian mencapai 2 meter.

Baca Juga :  Hutan Kota Kalidoro, Tempat Wisata Gratis di Pusat Kota Pati
Pantai Pulau Merah
image:travel.kompas.com

Lokasinya sangat indah dengan hamparan pasir putih yang menenangkan. Tak jauh dari pantai ini terdapat bukit yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan panorama alam pantai. Uniknya, jika dilihat dari bukit, pasir pantai tampak berwarna merah. Itulah sebabnya, tempat wisata di Banyuwangi ini diberi nama Pantai Pulau Merah.

Selengkapnya lihat di artikel Pantai Pulau Merah

Pantai Wedi Ireng

Lokasi Pantai Wedi Ireng berada tak jauh dari Pantai Pulau Merah, kurang lebih berjarak sekitar 5 km. Meski namanya Wedi Ireng yang berarti pasir hitam, namun pasir di pantai ini tidaklah hitam pekat. Jika diperhatikan secara seksama memang ada titik-titik hitam pada pasir di pantai ini.

Pantai Wedi Ireng
image: banyuwangitourism.com

Sebagai salah satu tempat wisata di Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng memiliki karakter yang berbeda dengan Pantai Plengkung dan Pulau Merah. Di pantai ini, ombaknya tidak terlalu besar bahkan cenderung tenang. Oleh karenanya, pantai ini cocok untuk tujuan wisata keluarga, sebab aman untuk bermain anak-anak.

Teluk Hijau

Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini tak hanya menarik dari namanya saja, tetapi juga panorama alam yang disuguhkannya. Teluk Hijau atau yang dikenal pula dengan sebutan Green Bay termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Teluk Hijau banyuwangi
image;www.banyuwangipost.com

Tempat wisata ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang dikelilingi hutan tropis. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang bisa Anda nikmati di tempat wisata ini, tetapi Anda juga bisa berenang, memancing, snorkeling, dan bermain pasir. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi air terjun Bidadari setinggi 8 meter yang lokasinya tak jauh dari pantai.

Selengkapnya di artikel: teluk hijau Banyuwangi

Air Terjun Lider

Ingin menikmati wisata alam lainnya di Banyuwangi? Tak perlu khawatir, karena Banyuwangi masih memiliki tempat wisata mengagumkan yang tentunya akan menawan hati Anda. Air Terjun Lider salah satunya.

image: www.telusurindonesia.com
image: www.telusurindonesia.com

Berada di kawasan hutan lindung tepatnya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Banyuwangi. Tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Raung ini menyuguhkan suasana sejuk yang menjadi ciri khas kawasan pegunungan. Dengan ketinggian sekitar 60 meter, pancaran air terjun ini tampak begitu memukau.

Simak: info tempat wisata di Banten

Air Terjun Kalibendo

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Kalibendo. Lokasinya berada sekitar 20 km dari kota Banyuwangi dan terletak di dataran tinggi.

Air Terjun Kalibendo
image: www.tempatwisatamu.com

Tak heran jika tempat wisata ini selalu diselimuti udara yang sejuk dan menenangkan. Meski ketinggian air terjun ini hanya 10 meter, namun panorama alam yag disuguhkan tak kalah dengan tempat wisata air terjun yang ada di Banyuwangi lainnya.

Pemandian Taman Suruh

Berada di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, pemandian ini menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang cukup populer. Menempati area seluas 3,5 hektar, tempat wisata ini terdiri dari kolam pemandian untuk anak-anak dan dewasa.

Pemandian Taman Suruh
image:tamansuruh.blogspot.com

Khusus untuk kolam anak-anak terdapat wahana permainan yang siap menemani anak-anak bermain dengan ceria. Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan ruang ganti, mushola, dan juga kafetaria. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kelaparan ketika puas bermain air di kolam pemandian.

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Jogjakarta

Agrowisata Kali Klatak

Inilah tempat wisata di Banyuwangi yang berkonsep agrowisata. Lokasinya berada di lereng gunung yang ketinggiannya mencapai 450 meter. Kondisi geografis tersebut menjadikan tanah subur sehingga cocok untuk menanam beragam jenis tanaman.

Agrowisata Kali Klatak
image;www.telusurindonesia.com

Agrowisata Kali Klatak pun berkembang pesat dengan hasil kebun berupa karet, kopi, cokelatm kelapa, rempah-rempah, dan juga buah-buahan. Menilik sejarahnya, agrowisata Kali Klatak awalnya dimiliki oleh Belanda di bawah bendera perusahaan Mij Moorman & Co. Namun kini telah beralih ke pengusaha pribumi bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Simak: daftar tempat wisata di Makassar

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terletak diantara pulau Jawa dan Bali, berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Baca Juga :  Curug Putri, Tetangga Cantik Curug Gombong Di Batang
pulau tabuhan banyuwangi
image; ujungkeujung.blogspot.com

Dengan luas kurang lebih 5 hektar, Pulau Tabuhan menyuguhkan panorama alam yang eksotis. Air laut yang jernih dan ombak yang tenang menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata di Banyuwangi yang aman untuk wisata keluarga. Di sini, Anda bisa menemukan coral dan biota laut lainnya.

Baluran National Park

Mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini, Anda akan merasa tengah berada di Afrika. Baluran menyuguhkan hamparan savana yang luas dengan aneka satwa liar.

baluran national park
image: www.indonesia.travel

Sebagai savana terluas di pulau Jawa, Baluran menjadi habitat satwa-satwa liar seperti rusa, merak, kerbau, elang dan juga lutung. Tak hanya satwa, Anda juga bisa menemukan pepohonan khas Baluran yang unik.

Tertarik untuk mengunjungi Banyuwangi guna menikmati panorama alam eksotis yang disuguhkan di setiap tempat wisatanya? Pastikan Anda mengunjungi semua tempat wisata nan menawan ini.

Selengkapnya lihat di artikel Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Alas Purwo

fauna
Keanekaragaman fauna alas purwo. Image via: www.idntimes.com

Nama Alas Purwo seringkali identik dengan daerah yang penuh suasana mistis. Padahal, area Alas Purwo menyimpan banyak keindahan yang beragam lho. Di Taman Nasional Alas Purwo terdapat berbagai tempat yang indah, dengan ekosistem yang beragam.

Simak selengkapnya di artikel Taman Nasional Alas Purwo

Umbul Bening

umbul bening 1
umbul bening. google maps. sumber : Ielsatusatu KaQQta

Umbul Bening merupakan salah satu destinasi wisata air yang ada di Banyuwangi. Kolam renang dengan beragam wahana air seru dan menarik. Airnya berasal dari sumber mata air alami yang jernih dan segar. Selain berenang di kolam utama tersedia wahana air seperti kolam arus, prosotan air dan lain-lain.

Dikawasan Umbul Bening juga terdapat banyak spot wisata lainnya. Tempat bermain anak dan spot foto instagramable. Seperti spot foto love, rumah warna-warni dan lain sebagainya.

  • Lokasi wisata Umbul Bening berada di Salamrejo, Sumbergondo, Kec. Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Umbul Bening buka setiap hari mulai jam 08.30 WIB – 16.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp. 20.000,-. Anak-anak Rp. 10.000,-.

Bangsring Underwater Banyuwangi

bangsring underwater banyuwangi
bangsring underwater banyuwangi. google maps. sumber : erfani yudapraja

Bangsring Underwater merupakan destinasi ekowisata berbasis konservasi ikan dan terumbu karang. Menawarkan keindahan alam bawah laut Banyuwangi yang eksotis dan indah.

Destinasi wisata ini berada di ujung timur pulau jawa, di perairan selat Bali yang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya pada pagi atau sore hari. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan matahari terbenam. Menikmati indahnya senja dan berswafoto dengan latar panorama alam dan pantai yang sangat indah.

Bangsring Underwater menyediakan beragam kegiatan wisata berbasis edukasi dan konservasi. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menarik seperti Rumah Apung, Renang dengan Hiu, Snorkeling dan diving , Menyebrang ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan, Wahana Air (Kano, Banana Boat, Papan Paddle dll)

  • Lokasi : Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,- / orang. Dikenakan biaya tambahan dengan harga bervariatif jika ingin menikmati wahana yang ada.
  • Jam Buka : 07.0- WIB – 17.00 WIB.

Pantai Boom Banyuwangi

pantai boom banyuwangi
pantai boom banyuwangi. google maps. sumber : j fahrial

Panti Boom berada di bagian timur kota Banyuwangi, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Memiliki pemandangan yang indah dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pasirnya berwarna hitam dengan gradasi abu-abu berkilau.

Berbagai kegiatan menyenangkan bisa anda lakukan di pantai ini. Bersantai duduk di kursi dengan payung memandang lautan atau menikmati pemandangan senja. Anda juga bisa mengunjungi dermaga kapal pesiar dekat pantai.

Terdapat landmark ikonik populer yaitu jembatan lintas (causeway) dengan bentuk spiral. Disekitarnya dipenuhi dengan lampu sorot yang membuatnya tampak megah dan instagramable. Hampir setiap malam jembatan ini selalu dipenuhi pengunjung untuk berswafoto.

  • Lokasi: Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kebupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional : Setiap hari pukul 05.00 WIB – 21.00 WIB.
  • Harga tiket: Rp.5.000,-

Green Gumuk Candi

green gumuk candi
green gumuk candi. google maps. sumber : Green Gumuk Candi (GGC

Green Gumuk Candi merupakan salah satu tempat piknik dan liburan keluarga di Banyuwangi. Memiliki keindahan alam dengan spot dan wahana yang seru dan menarik.

Baca Juga :  Taman Purbakala Cipari, Tempat Liburan Sambil Belajar Di Kuningan

Di tempat ini terdapat kolam renang dengan view alam yang indah. Tersedia berbagai spot foto instagenic dengan latar pemandangan alam. Taman bermain anak serta area camping dan outbond.

  • Lokasi : Dusun Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional : Setiap hari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.
  • Harga tiket masuk : Rp.5.000,-

Air Terjun Telunjuk Raung

Wisata alam Air Terjun Telunjuk Raung letaknya berada di kaki gunung Raung. Dikelilingi pemandangan alam yang indah dengan pepohonan rindang yang masih alami dan asri.

Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dengan arus air yang cukup deras. Di dekat air terjun terdapat kolam alami, biasanya digunakan pengunjung untuk berenang atau berendam. Tidak jauh dari lokasi air terjun juga terdapat Gardu Pandang. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian.

  • Lokasi : Desa Sumberarum, Dusun Mangaran, Songgon, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.
  • Jam operasional : 06.00-18.00 WIB.
  • Harga tiket : Rp.5 ribu / orang.

Air Terjun Kembar Arum

air terjun kembar arum
air terjun kembar arum. google maps. sumber : R3D Vlog

Objek wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun Kembar Arum. Air terjun ini masih satu aliran dengan air terjun Telunjunk Raung. Berada di kawasan lereng gunung Raung, berada ditengah persawahan tepatnya di desa sumberarum, songgon, Banyuwangi.

Tempat wiasata ini menawarkan panorama alam yang indah. Di sekitarnya dikelilingi pepohonan yang rindang dengan suasana alam yang asri dan suhu udara yang sejuk. Wisatawan bisa menikmati indahya pemandangan air terjun dari dekat, berenang, bermain air atau sekedar duduk diatas tumpukan bebatuan.

  • Alamat : Kaki Gunung Raung, Dusun Sumber Arum, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.
  • Tiket Masuk : Sebesar Rp. 5.000,- / orang.
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB.

Air Terjun Jagir

air terjun jagir
air terjun jagir. google maps. sumber : Lukman Hakim

Air terjun Jagir merupakan salah satu destinasi wisata alam di Banyuwangi. Menawarkan panorama alam yang indah berupa air terjun alami dengan airnya yang jernih dan segar. Dikelilingi hutan dengan suasana asri dan udara sejuk khas pegunungan.

Air terjun Jagir ini memiliki keunikan, memiliki aliran air yang menyebar dimana dalam satu lokasi terdapat tiga air terjun. Airnya sangat jernih berasal dari mata air sumber Pawon. Pengunjung bisa berenang atau berendam dan bermain air di sekitar air terjun. Berswafoto dengan latar air terjun atau berswafoto di jembatan gelombang merah terletak di jalan masuk menuju air terjun.

  • Alamat : Dusun Krajan, Kp. Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,-.
  • Jam Buka 06.00 WIB – 17.00 WIB.

Hutan De Djawatan

hutan de djawatan
hutan de djawatan. google maps. sumber : Baby Zilvia

Hutan De Djawatan merupakan salah satu destinasi wisata alam populer di Banyuwangi. Hutan ini menawarkan pemandangan alam hijau, tenang dan sejuk. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah pemandangan pepohonannya yang terkesan magis.

Di hutan ini terdapat berbagai macam pohon. Namun yang menjadi perhatian utama adalah pepohonan Trembesi berusia ratusan tahun yang masih berdiri kokoh. Adanya pepohonan ini memberikan kesan seolah berada di negeri dongeng. Bahkan banyak wisatawan yang menyebutnya dengan hutan Lord of the Rings.

Selain berswafoto, ditempat wisata ini pengunjung juga bisa melakukan beragam kegiatan menarik lainnya. Seperti menunggang kuda atau naik delman wisata, naik ATV dan motocross bagi anak-anak.

  • Alamat : Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Sebesar Rp. 7.500,- / orang.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.

Waduk Sidodadi

waduk sidodadi
waduk sidodadi. google maps. sumber : Geovolcan

Waduk Sidodadi memiliki konsep taman wisata dengan nuansa alam. Bentuk waduk ini berbeda dengan waduk pada umumnya yang berbentuk simetris. Waduk Sidodadi ini memiliki bentuk yang tidak beraturan. Sebuah lengkungan kanal-kanal dengan gundukan seperti pulau-pulau kecil ditengahnya.

Disekitar waduk terdapat pohon-pohon yang tumbuh mengenelilingi area waduk. Menciptakan pemandangan indah yang asri dan alami.

Di objek wisata ini terdapat berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan. Mulai dari menikmati pemandangan waduk hingga, naik perahu atau mainan air, bermain ATV, gokart, flying fox hingga memancing.

  • Alamat : Karangharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,- / orang.
  • Buka setiap hari 24 jam.

Demikian informasi tempat wisata di Banyuwangi yang populer di kalangan wisatawan. Semoga bisa membantu rencana perjalanan anda.

Selamat berlibur!