21 Tempat Wisata Di Tulungagung Yang Eksotis dan Indah

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Dari Surabaya, kabupaten ini berjarak sekitar 154 km ke arah barat daya. Tulungagung dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Namun, siapa sangka jika kabupaten ini juga menyimpan potensi wisata yang menakjubkan.

Letaknya yang berada d tepian Samudera Hindia memberi keuntungan tersendiri bagi pariwisata Tulungagung. Ya, kabupaten ini kaya akan wisata pantai yang eksotis.

Sayangnya, banyak tempat wisata di Tulungagung yang belum dikelola secara komersil, maka jangan heran jika pariwisata di kabupaten ini masih minim fasilitas. Meski demikian, keindahan panorama alam yang disajikan tetaplah menawan sehingga layak untuk menjadi destinasi wisata.

Berikut 21 tempat wisata di Tulungagung yang memiliki keeksotisan sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Pantai Popoh

via https://www.instagram.com/ireeneliem/

Pantai Popoh menjadi destinasi wisata paling favorit di Tulungagung. Letaknya berada di Kecamatan Besuki yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung. Pantai Popoh berada di kawasan teluk sehingga ombaknya tidaklah seganas umumnya pantai selatan.

Tak hanya menyajikan hamparan pasir yang indah, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan tebing-tebing karang yang berdiri kokoh tinggi menjulang. Di sini, Anda bisa bermain ombak dan juga menyewa perahu nelayan untuk menyusuri kawasan teluk.

Lihat juga: review tujuan wisata di Bandung

Pantai Coro

pantai coro
via https://www.instagram.com/lilik_roudlotul07/

Tempat wisata di Tulungagung yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Popoh karena terletak pada kecamatan yang sama.

Meski tak begitu luas, namun hamparan pasir putih di pantai ini senantiasa siap menyambut para wisatawan yang berkunjung.

Baca: daftar tempat wisata di Salatiga

Pantai Molang

Pantai Molang
via https://www.instagram.com/bulan.septina/

Pantai Molang menjadi destinasi wisata lain di Tulungagung yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga atau orang-orang tercinta lainnya. Berada di Kecamatan Pucanglaban, lokasi pantai tergolong cukup strategis karena terletak di perbatasan Blitar dan Tulungagung, sehingga mudah diakses.

Keindahan alam yang ditawarkan tempat wisata ini tentu saja hamparan pasir putih yang selalu tampak indah dipandang mata dan juga deburan ombak yang selalu menggoda untuk bermain. Berkunjung ke tempat wisata ini pastilah tidak akan menyesal.

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogja

Pantai Sine

Pantai Sine
via http://www.kacamatawisata.com

Pantai Sine yang berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung ini dikenal pula dengan nama Pantai Matahari Terbit. Pantai berpasir putih agak kecoklatan ini memiliki ombak yang cukup besar.

Meski begitu, aktivitas bermain ombak masih dimungkinkan asal di bagian tepian saja. Tak hanya bisa menyaksikan panorama alam pantai yang indah, Anda juga bisa melihat aktivitas nelayan saat melaut.

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang
via http://www.tulungagungtourism.com

Pantai yang satu ini sebenarnya juga eksotis dan menarik, namun tidak semua orang bisa menikmati keindahannya dan tidak pas untuk tempat liburan keluarga, terlebih anak-anak. Mengapa? Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pathok Gebang, medan yang harus dilalui menuju pantai cukup sulit. Pengunjung harus menaiki bukit dan menyusuri hutan dengan berjalan kaki yang waktu tempuhnya kurang lebih 40 menit.

Keunikan yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah tebing karang yang cukup besar dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Nah, bagi Anda yang suka petualangan dan tantangan yang memacu adrenalin, bisa menghabiskan waktu liburan Anda di sini.

Baca Juga :  15 Tempat Wisata Situbondo, Di Sini Lokasi Afrika Van Java Yang Eksotis

Simak: daftar tempat wisata di Kebumen

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
via https://www.instagram.com/bella_anandra/

Pantai Ngalur menjadi tempat wisata di Tulungagung yang juga menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung.

Sebenarnya berwisata ke Pantai Ngalur bisa sekalian mengunjungi Pantai Sanggar yang memang jaraknya berdekatan, hanya dibatasi oleh bukit saja.

Simak selengkapnya di artikel Pantai Ngalur

Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
via https://www.instagram.com/muhammad_mahbubi/

Pantai dengan hamparan pasir itu sudah biasa. Namun, pantai dengan sebaran batu-batu karang tentunya cukup unik dan menarik untuk dikunjungi. Pantai Lumbung yang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini kaya akan batu karang yang terserak di bibir pantai.

Anda bisa menikmati indahnya suara deburan ombak dan suasana pantai dengan duduk-duduk santai di batuan karang. Pastilah mengasyikkan.

Lihat: daftar tempat liburan di Bali

Pantai Klatak

Pantai Klatak
via https://www.instagram.com/khoirvl/

Satu lagi tempat wisata di Tulungagung yang menawarkan keeksotisan panorama pantai, yaitu Pantai Klatak. Namun di sini Anda tidak akan menemukan pasir putih yang menghampar di tepi pantai, tetapi pasir yang berwarna lebih gelap.

Lokasinya terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Tulungagung. Di sini, Anda bisa berenang, memancing, bermain ombak, atau sekadar duduk-duduk santai menikmati angin pantai yang berhembus sepoi-sepoi.

Simak: daftar tempat wisata di Jepara

Candi Dadi

Candi Dadi
via http://mochammadfaizun.blogspot.co.id

Tak hanya wisata pantai yang dimiliki Tulungagung, tetapi juga wisata budaya berupa Candi Dadi. Candi ini merupakan peninggalan sejarah budaya yang mencerminkan peradaban di Tulungagung.

Bangunan candi terbuat dari batuan andesit yang terdiri atas batur dan kaki candi. Meski tak semegah Candi Borobudur di Magelang, namun candi ini menawarkan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
via http://www.sindopos.com

Tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pengalaman ‘my trip my advanture’ bagi Anda. Air terjun Lawean menjadi tempat wisata di Tulungagung yang cukup populer di kalangan para pecinta alam. Akses menuju lokasi yang cukup sulit menjadikan tempat wisata ini tidak cocok untuk liburan keluarga, utamanya anak-anak.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus melalui area perbukitan dengan menyeberangi setidaknya 9 sungai. Wow, tentu saja dibutuhkan stamina yang kuat untuk bisa mencapainya.

Namun, setiap langkah dan rasa lelah yang dirasakan akan terbayar begitu Anda sampai ke lokasi. Keindahan panorama alam air terjun dengan ketinggian tak lebih dari 100 meter ini akan ‘menyihir’ Anda untuk berlama-lama menikmatinya.

Pantai Gemah

Pantai-Gemah
Pantai gemeh. Image via: travelingyuk.com

Pantai Gemah berada di jalur selatan Jawa, dan cukup populer. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, dan didukung dengan berbagai wahana serta pemandangan alam yang indah.

Simak reviewnya di artikel Pantai Gemah

Ranu Kumbolo

Perkemahan Ranu Kumbolo.
Perkemahan Ranu Kumbolo. Image via: katalogwisata.com

Bagi para pendaki, nama Ranu Kumbolo sudah tidak asing lagi. Tempat seolah menjadi salah satu tujuan wajib bagi pendaki gunung di Pulau Jawa. Dengan pemandangan yang indah dan sunrise yang memukau, setiap pendaki yang datang selalu ingin balik lagi.

Air Terjun Alam Kandung

air terjun alam kandung
air terjun alam kandung. google maps. sumber : uhammad shofik Abdulloh

Wisata Air Terjun Alam Kandung menawarkan panorama alam yang asri dan alami. Suasana alami khas hutan dengan udara sejuk dikelilingi pepohonan rindang. Wisata alam ini cocok sebagai tempat rekreasi dan liburan keluarga.

Air tejun ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian bervariasi. Yang paling tinggi mencapai ketinggian sekitar 15 meter dengan kedalaman 4 hingga 8 meter. Air Terjun Alam Kandung memiliki keunikan tersendiri, airnya berwarna kebiruan seperti air laut. Dan struktur bebatuan yang ada di air terjun ini mirip koral di lautan.

Selain menikmati keindahan air terjun, disini juga tersedia kolam renang dan wahana flying fox. Sarana dan fasilitas yang tersedia terdapat mushola, toilet dan warung.

  • Alamat : Desa Tanen, Kec. Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-
Baca Juga :  10 Tempat Camping Di Garut, dari Mulai Hutan, Gunung, Hingga Pantai

Kampung Susu Dinasty Tulungagung

kampung susu dinasty tulungagung
kampung susu dinasty tulungagung. google maps. sumber : Mujib Bud Da’wah

Kampung Susu Dinasty merupakan tempat wisata keluarga yang ramah anak. Menawarkan wisata edukasi dengan konsep mengenal lebih dekat cara budidaya sapi perah. Memberi makan sapi, memerah susu sapi, pengenalan bio gas. Hingga mengenal proses pembuatan olahan susu nikmat khas Tulungagung.

Selain wisata edukasi untuk anak-anak, disini juga tersedia beberapa kegiatan seru lainnya. Seperti berkuda, taman kelinci serta arena permainan outbound.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan spot-spot foto keren dan instagramable. Ada spot foto gardu pandang, bunga sakura buatan, payung warna-warni dan lain sebagainya.

  • Alamat : Jl. Raya Gondang, Bakalan, Sidem, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. 08.00 WIB – 16.30 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-

Splash Waterpark Tulungagung

splash waterpark tulungagung
splash waterpark tulungagung. google maps. sumber : KHOLIDU SUKRI

Splash Waterpark merupakan salah satu wisata air cukup populer di kabupaten Tulungagung. Kolam renang dengan berbagai wahana permainan air seru dan menarik. Tempat wisata yang nyaman, aman dengan lingkungan yang bersih.

Memiliki 3 kolam renang dengan kedalaman air yang berbeda. Terdapat kolam renang anak, kolam renang remaja dan dewasa. Wahana yang tersedia diantaranya terdapat waterboom, ember tumpah, slide circle, dan race slide. Tempat wisata ini juga dilengkapi taman bermain dan foodcourt.

  • Alamat : Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. 08.00 WIB – 16.30 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Weekday Rp. 15.000,-. Weekend Rp. 20.000,-

Pantai Pacar

pantai pacar
pantai pacar. google maps. sumber : Arip Satrio

Pantai Pacar menawarkan tempat wisata dengan pemandangan alam terbaik. Memiliki garis pantai yang cukup panjang dan hamparan pasir putih yang lembut.

Pantai ini memiliki sebuah air terjun yang berasal dari batuan bukit. Air nya cukup deras terlebih disaat musim hujan. Pengunjung bisa bermain air dan mandi di air terjun ini.

Pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot-spot foto keren dan instagenic. Mulai dari spot foto gardu pandang hingga spot foto ayunan. Atau berswafoto dengan latar laut lepas dan pemandangan tebing kapur yang eksotis. Disini juga anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang indah.

  • Alamat : Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. 24 jam.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-

Pantai Midodaren Tulungagung

pantai midodaren tulungagung
pantai midodaren tulungagung. google maps. sumber : Arif Usman

Pantai Midodaren lokasinya berada di timur laut Pantai bayem atau diantara pantai Bayem dan Pantai Niyama. Tempat wisata ini tergolong baru dengan konsep wisata pantai modern. Menawarkan panorama pantai dengan alam indah. Berupa gugusan bebatuan karang dan pulau kecil dilautan.

Pantai ini memiliki area yang sangat luas dengan pasir putihnya. Memiliki garis pantai memanjang dan deretan hutan pinus yang berjajar lurus, rapi dan membentuk pohon yang apik.

Banyak tersedia wahana seru serta spot-spot keren dan instagrambale. Seperti wahana flying fox, ATV, scooter listrik, mini trail dan lain sebagainya. Untuk wahana air tersedia speed boat hingga banana boat.

Wisata Pantai Midodaren juga menyediakan tempat menginap yang nyaman. Tersedia bererapa penginapan dengan kategori yang berbeda-beda.

  • Alamat : Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Operasional : Setiap hari. 08.00 WIB – 20.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.15.000,-

Nangkula Park

Nangkula Park merupakan salah satu destinasi favorit di Tulungagung. Wisata yang tak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan dan hari libur. Objek wisata yang menawarkan pesona alam dengan rekreasi modern.

Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, banyak sekali sentuhan seni dan budaya didalamnya. Terdapat taman bunga dan monumen keris raksasa yang akan menyambut pengunjung. Disisi luar taman terdapat jajaran lampion keren berbentuk bunga tulip beraneka warna. Mainan anak tradisional, barisajan bajak tradisional hingga lukisan mural.

Baca Juga :  Safari Beach Jateng, Wajah Baru Batang Dolphin Center

Beberapa wahana seru juha hadir di tempat wisata ini. Sperti bianglala, istana balon, sepeda air dan lain sebagainya. Terdapat juga banunan-bangunan minaitur yang bisa anda jadikan latar untuk berswafoto.

  • Alamat : Rongganan, Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. 09.00 WIB – 21.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp. 5.000,-. Anak-anak : Rp.2.000,-

Ori Green Tulungagung

ori green tulungagung
ori green tulungagung. google maps. sumber :  ORI GREEN (HTM 15K)

Wisata ori Green merupakan tempat wisata keluarga dengan konsep taman yang indah. Memiliki pemandangan yang indah dan berhawa sejuk karena lokasinya berada di lereng Gunung Wilis.

Tempat wisata ini menyediakan beragam kegiatan seru dan menarik. Mulai dari waterboom, kolam renang anak dan dewasa, area bermain anak, spot foto dan berbagai wahana menarik lainnya. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan memadai. Terdapat spot taman angsa, pendopo, panggung hiburan hingga bermacam tempat kuliner.

  • Alamat : Dusun Jengglik Kidul, Desa Sendang, Kec. Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur .
  • Jam Buka : Setiap hari. 08.00 WIB – 16.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.15.000,-

Pantai Niyama

pantai niyama
pantai niyama. google maps. sumber : blushing Mellon

Pantai Niyama merupakan pantai dengan hamparan pasir yang luas. Warna pasirnya berwarna putih sedikit gelap dengan airnya yang jernih kebiruan. Niyama sendiri berasal dari bahasa Jepang, kata Ni berarti dua dan Yama artinya gunung. Bisa diartikan pantai Niyama terletak diantara dua gunung.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan pantai yang indah dan memukau. Suasana di pantai sangat sejuk dan nyaman. Deretan pegunungan hijau dan tumbuhan rimbun yang asri disekitar pantai.

Pantai Niyama dikenal juga sebagai Private Beach dengan segala keindahannya. Disini pengunjung bisa bermain pasir atau bermain air namun tetap dihimbau dengan hati-hati. Jika cuaca sedang bagus, anda bisa menyaksikan view sunset yang sempurna di pantai Niyama ini.

Di pantai Niyama, anda juga bisa menjumpai keindahan alam lainnya. aliran sungai indah yang turun membentuk cekungan besar berisi air. Dengan keindahan alam sungai Niyama ini, pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berswafoto. Sungai ini akan terlihat sangat indah ketika musim kemarau, warna airnya sangat jernih dan tidak keruh.

  • Alamat : Tumplak, Besuki, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. Buka 24 jam.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-

Bukit Tunggul Manik

bukit tunggul manik
bukit tunggul manik. google maps. sumber : Zamzam maulana502

Bukit Tunggul Manik merupakan desa wisata yang didirikan Pemdes dan masyarakat Desa Kradinan, Kecamatan pagerwejo, Kabupaten tulungagung. Tempat wisata bernuansa alam dengan suasana romantis yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Berada pada ketinggian 800 mdpl menjadikan tempat wisata ini terasa sejuk meskipun pada siang hari. Dari Bukit Tunggul manik, pengunjung dapat melihat view kota tulungagung dari atas. melihat pemandangan Lereng Gunung Wilis. Serta menyaksikan keindahan terbitnya matahari dipagi hari.

Pada malam hari pemandangannya akan lebih bagus lagi. Anda akan disajikan pemandangan lampu-lampu kota dari atas bukit ini. Selain itu tempat wisata ini juga menyajikan berbagai tempat hiburan, aneka kuliner dan pemandangan yang asri dan sejuk.

  • Alamat : Jl. Raya Pagerwojo, Krajan, Kradinan, Kec. Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam Buka : Setiap hari. Buka 24 jam.
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-

Simak reviewnya di artikel Ranu Kumbolo.

Nah, bagi anda yang mencari tempat wisata di Tulungagung, semoga informasi ini berguna untuk anda. Setiap tempat wisata pastilah memberi kesan tersendiri. Setelah membedah potensi wisata di Tulungagung, tempat wisata mana yang paling Anda suka?

Simak juga: