31 Tempat Wisata Pekalongan, Pesona Alam Yang Dibatik Dengan Sempurna

Tempat wisata di Pekalongan memiliki ciri khas tersendiri, dan dapat dijadikan tujuan berwisata ketika liburan nanti. Semua potensi yang ada harus kamu eksplor, tanpa ada yang terlewatkan.

Pekalongan sendiri terdiri dari Kota Pekalongan dengan julukan Kota Batiknya, dan Kabupaten Pekalongan yang berada di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.

Tentu saja tempat wisata yang tersaji pun jelas akan berbeda, misalnya saja Kabupaten Pekalongan identik dengan tempat wisata alam seperti gunung, bukit, hingga curug atau air terjun. Sedangkan Kota Pekalongan identik dengan wisata pantainya.

Selain terbagi menjadi Kota dan Kabupaten, penulis juga menambahkan tempat wisata Petungkriyono yang berlokasi di Kabupaten Pekalongan.

Dimana di Kecamatan tersebut tempat berkumpulnya wisata keren yang selalu menjadi incaran para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka.

Inilah review lengkap tempat wisata di Pekalongan yang terbagi menjadi beberapa lokasi wisata.

Kota Pekalongan

1. Alun Alun Kota Pekalongan

landscape alun alun pekalongan. google maps. sumber: Pangudi Kaweruh

Alun-Alun Kota Pekalongan merupakan ruang terbuka publik yang nyaman untuk dikunjungi, apalagi jika kamu membawa anak-anak juga. Maka tak heran jika dari pagi hingga malam, wisata murah meriah di Pekalongan ini selalu ramai.

Tersedia banyak tempat duduk untuk bersantai, dengan trotoar yang lebar hingga pengunjung dapat jalan-jalan santai hingga banyak juga yang menjadikannya sebagai spot untuk jogging.

Sebuah gapura berwarna hijau bermotifkan batik menjadi ikon baru dari Alun-Alun Kota Pekalongan, gapura tersebut diberi nama Gapura Nusantara yang baru diresmikan di akhir 2019 lalu.

Alamat tepatnya berada di Kecamatan Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Kawasan Budaya Jetayu

kawasan budaya jetayu
kawasan budaya jetayu. google maps. sumber: Nina Komalasari

Kawasan Budaya Jetayu merupakan ikon wisata budaya di Kota Pekalongan, karena sejak zaman kolonial Belanda Lapangan Jetayu ini dulunya sering digunakan sebagai tempat kesenian dan kebudayaan.

Selain itu, di sekitar Kawasan Budaya Jetayu terdapat beberapa gedung bersejarah peninggalan Belanda yang masih digunakan hingga saat ini. Salah satunya ialah Museum Batik Pekalongan, yang dapat menjadi destinasi wisata lainnya.

Selain dikunjungi di pagi hingga siang hari, Kawasan Budaya Jetayu juga ramai di malam hari. Suasana malam lebih asyik, selain indah oleh lampu-lampu taman juga bertambahnya ragam keseruan yang dapat dilakukan.

Lokasi Kawasan Budaya Jetayu berada di utara Alun-alun Pekalongan, tepatnya di Jl. Jetayu, Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

3. Mangrove Park Pekalongan

mangrove park kondisi terkini
mangrove park kondisi terkini. google maps. sumber: Rokhis Khomarudin

Mangrove Park Pekalongan merupakan tempat wisata edukasi hutan bakau yang diresmikan pada akhir tahun 2013 oleh Menteri Kehutanan kala itu, Zulkifli Hasan.

Sejak awal diresmikannya, kawasan wisata Mangrove Park Pekalongan ini tak pernah sepi pengunjung. Namun saat ini, keadaannya sudah sangat berbeda sejak awal diresmikan.

Sebagian wilayah Mangrove Park Pekalongan sudah tenggelam, bahkan garis pantainya hampir tidak terlihat. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Pekalongan telah mengalami penurunan tanah hingga 20 cm per tahunnya.

Sungguh sangat disayangkan mengingat hutan bakau atau mangrove sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi laut dan menjaga kelestarian berbagai biota laut.

Lokasi Mangrove Park Pekalongan berada di Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

4. Museum Batik Pekalongan

koleksi museum batik pekalongan
koleksi museum batik pekalongan. google maps. sumber: Jaso Jangan Soto

Kamu tak hanya akan diajak melihat berbagai koleksi yang ada di Museum Batik Pekalongan, kamu pun dapat belajar membatik yang wajib banget untuk dicoba.

Ragam wisata seru lain yang dapat kamu nikmati ialah dengan menyaksikan sebuah video atau film tentang sejarah batik dan sejarah dari Museum Batik Pekalongan itu sendiri.

Lokasi Museum Batik Pekalongan berada di alamat Jalan Jetayu No.1, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Harga tiket masuknya sangat murah yakni sebesar Rp. 7.000,- saja.

5. Pantai Krematorium

pantai krematorium
pantai krematorium. google maps. sumber: Fajar Hudananto

Pantai Krematorium berada di Pekalongan Utara, mungkin namanya terdengar cukup aneh bahkan menyeramkan, betapa tidak secara ada kata krematoriumnya…

Meski begitu, terlihat banyak pengunjung yang datang untuk berolahraga, baik itu jogging atau bersepeda, bahkan ada pula yang sedang asyik memancing. Anak-anak asyik lari-larian hingga bermain pasir di sekitar pantai.

Kamu juga dapat duduk-duduk di atas hamparan pasirnya, main ayunan kayu yang sederhana, ataupun duduk tepat di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombaknya.

6. Pantai Pasir Kencana

sunset di pantai pasir kencana
sunset di pantai pasir kencana. google maps. sumber: ulil albab

Pantai Pasir Kencana merupakan tempat wisata kekinian yang mulai dibuka kembali pada bulan Maret 2022 kemarin. Yang terkenal akan panorama sunsetnya yang sangat cantik.

Hingga dibangunlah sebuah menara pandang dengan didesign yang sangat artistik, dan menjadi tempat favorit pengunjung dalam berburu senja. Selain menara pandang, Pantai Pasir Kencana juga memiliki fasilitas wisata menarik lainnya.

Alamat Pantai Pasir Kencana berada di Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Harga tiket masuknya sekitar Rp.15.000,- per orang.

Baca Juga :  9 Tempat Ziarah Di Garut Yang Bersejarah Dan Dikeramatkan

7. Pantai Slamaran

pantai slamaran
pantai slamaran. google maps. sumber: Rizq Cwool

Pantai Slamaran merupakan lokasi yang enak untuk menikmati senja ataupun mengajak serta anak-anak bermain pasir. Dan selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan dan juga hari libur.

Lokasi Pantai Slamaran berada di dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Tepatnya di Desa/Kelurahan Krapyak Lor, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Pantai Slamaran memang kental akan mitosnya, namun destinasi wisata yang satu ini bukan berarti tidak layak untuk dijadikan tujuan berwisata bahari di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kabupaten Pekalongan

1. Bengkelung Park

berlibur di bengkelung park
berlibur di bengkelung park. google maps. sumber: acil motovlog

Berenang merupakan ragam wisata yang harus dilakukan ketika berlibur di Bengkelung Park, kapan lagi kamu berenang di sebuah kolam alami dengan aliran air yang alami pula.

Dan yang bikin waw itu seluruh kawasan Bengkelung Park dihiasi bebatuan alam yang akan membuatmu serasa seperti sedang berada di negeri antah berantah.

Lokasi Bengkelung Park berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Tiket masuknya berbeda antara dewasa dan anak-anak, yakni:

  • Rp. 6.000,- untuk dewasa
  • Rp. 3.000,- untuk anak-anak

2. BRD Dreams Big Park

kolam semi indoor
kolam semi indoor. google maps. sumber: Martseno Untung S

BRD Dreams Big Park merupakan wahana kolam renang yang berada di Kota Pekalongan, dan menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang bertemakan air.

Daya tarik yang utama tentu saja keberadaan kolam renangnya, yang memiliki kolam renang dengan kedalaman yang cocok untuk balita, anak-anak, hingga dewasa.

Uniknya kolam untuk balita dibuat semi indoor, seakan tahu bahwa anak-anak jika sudah berenang suka tidak mau berhenti. Dengan begitu, mereka dan orang tua yang menjaganya pun tidak kepanasan.

Lokasi kolam renang di Pekalongan ini berada di area kawasan BRD Residence. Tepatnya beralamat di Kelurahan Pringlangu, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Tiket masuk Kolam Renang BRD Dream Big Park berbeda antara hari-hari biasa dengan akhir pekan atau hari libur.

3. Bukit Pawuluhan

camping ground yang luas
camping ground yang luas. google maps. sumber: dariman Iman

Bukit Pawuluhan merupakan spot camping paling keren di Pekalongan, camping groundnya yang luas hingga dapat menampung banyak tenda bahkan hingga puluhan tenda.

Bukit Pawuluhan berada di ketinggian sekitar 1.176 mdpl (meter di atas permukaan laut), di sore dan pagi hari akan mendapati pemandangan yang sangat menakjubkan.

Yakni lautan awan akan menghiasi view Bukit Pawuluhan, negeri di atas awan itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan situasi tersebut. Hingga banyak pendaki yang mengabadikannya menjadi sebuah foto maupun video.

Alamat Bukit Pawuluhan terletak di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Tidak ada ketentuan khusus mengenai biaya tiket masuk Bukit Pawuluhan Pekalongan ini.

4. Curug Bidadari Talun

curug bidadari talun
curug bidadari talun. google maps. sumber: Reza Saputra

Kabupaten Pekalongan memang memiliki ciri tempat wisata yang masih bertemakan alam, namun sayang sekali keberadaan Curug Bidadari Talun yang sangat indah ini masih sepi pengunjung. Padahal keindahan dan keseruan berwisatanya nggak kalah asyik dengan Curug Bajing.

Daya tarik utama dari Curug Bidadari Talun ini ialah pesona alamnya yang masih perawan, bahkan letak dari curug atau air terjunnya sendiri berada di bagian paling ujung.

Lokasi dari Curug Bidadari Talun berada di alamat Dukuh Purbo, Desa Jolotigo, Kecamatan Talun. Harga tiket masuk Curug Bidadari Pekolangan sangat murah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000,- saja per orangnya.

5. Curug Jlarang

santuy di curug jlarang
santuy di curug jlarang. google maps. sumber: H Oky

Ketika tiba di Curug Jlarang kamu akan menyaksikan beberapa aliran air dengan tinggi yang beragam. Namun yang menjadi primadonanya ialah sebuah air terjun atau curug yang lebar. Dekat dengan sebuah landmark yang bertuliskan Curug Jlarang.

Curug Jlarang airnya langsung mengalir ke sungai yang ada di depannya, namanya ialah Kali Menyep. Aliran sungainya cukup deras, banyak dimanfaatkan untuk berbagai ragam wisata seru dan menyenangkan tentunya.

Kali Menyep memiliki kedalaman yang beragam, dan menjadi daya tarik lainnya dari Curug Jlarang. Jika musim penghujan tiba, aliran sungainya suka meluap. Hingga pengunjung yang datang mengurungkan niatnya untuk mendekati curug.

Lokasi Curug Jlarang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

6. Dino Park sokolangit

bertemu dinosaurus
bertemu dinosaurus. google maps. sumber: ilham riyadi

Dino Park Soko Langit sebuah tempat wisata edukasi yang baru resmikan di akhir tahun 2021 kemarin, namun mendapatkan animo yang cukup tinggi dari wisatawan.

Sebuah tempat wisata dengan bertemakan dinosaurus saat ini sedang booming banget, betapa tidak di beberapa daerah bermunculan tempat wisata baru yang memiliki nama Dino Park atau Taman Dinosaurus.

Lokasi Dino Park Soko Langit berada di Desa Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00, dengan tiket masuk yang sangat ramah dikantong.

7. Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

menyusuri hutan mangrove
menyusuri hutan mangrove. google maps. sumber: EkoWisata Mangrove Mulyo Asri

Ekowisata Mangrove Mulyo Asri salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan, tepatnya berada di Desa Mulyorejo hingga biasa pula disebut Mangrove Mulyorejo.

Eksplor kawasan Ekowisata Mangrove Mulyo Asri dapat dilakukan melalui daratan atau lautan, jika melalui daratan tinggal menyusuri jalur yang sudah tersedia. Kamu dapat pula sambil hunting beberapa foto keren untuk nantinya diunggah di media sosial yang dimiliki.

Harga tiket masuk Ekowisata Mangrove Mulyo Asri sangat murah, yakni dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

8. Kolam Renang Banyu Biru

kolam outdoor dan semi indoor
kolam outdoor dan semi indoor. google maps. sumber: Indah Setiawati

Kolam Renang Banyu Biru memiliki kolam anak yang didesign semi indoor, bentuknya memanjang dilengkapi dengan seluncuran air yang seru. Jumlahnya pun lebih dari satu. Untuk kolam dewasanya juga ada kok. Berenang merupakan ragam wisata liburan yang paling diminati oleh siapa saja.

Baca Juga :  Waykambang Edupark, Wisata Instagramable Dan Edukatif Di Batang

Lokasi Kolam Renang Banyu Biru berada di alamat Jl. KH. Hasyim Asyari No. 104, Kemplong Timur, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Tiket masuk Kolam Renang Banyu Biru sekitar Rp. 18.000,- per orang. Beroperasi mulai pukul 08 pagi hingga 04 sore.

9. La Ranch Glamping

la ranch glamping
la ranch glamping. google maps. sumber: Gendhis ayu126 Gendhis ayu126

La Ranch Glamping merupakan sebuah tempat wisata terbaru di Pekalongan, mencoba camping dengan cara yang berbeda namun tetap ramah dikantong.

Meski bertemakan glamping, nginep di La Ranch Glamping nggak bakalan bikin kantongmu jebol. FYI, glamping ialah akronim dari Glamour Camping, yang menawarkan sensasi camping ala-ala hotel.

Selain untuk tempat camping, La Ranch Glamping juga cocok untuk mengadakan kegiatan dengan skala besar karena lokasinya yang cukup luas. Alamatnya berada di Jl. Karanganyar – Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

10. Linggoasri

sejuk banget
sejuk banget. google maps. sumber: Abdul Haque Chang

Linggoasri merupakan nama sebuah Desa di Kabupaten Pekalongan yang menjadi sebuah desa wisata, dengan beragam destinasi wisata alam untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun handai tolan.

Sebuah kawasan wisata alam yang lekat akan nuansa alamnya dipadukan dengan beberapa unsur kekinian yang instagramable. Selain menjadi tempat rekreasi keluarga Objek Wisata Linggoasri pun kerap dijadikan lokasi kegiatan outbound, maupun kegiatan sejenis lainnya.

Tiket masuk Linggoasri Pekalongan sangat murah, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari Rp. 10.000,- saja per orangnya

11. Lolong Adventure

rafting di lolong adventure
rafting di lolong adventure. google maps. sumber: A Chaq

Lolong Adventure merupakan salah satu tempat wisata di Pekalongan yang memberikan kamu referensi untuk rafting. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan sebuah cafe yang enak banget buat nongkrong.

Desa Lolong sangat terkenal sebagai penghasil durian, maka jangan heran jika melihat patung durian sebelum tiba di lokasi wisata. So, jangan lupa tuk cobain durian dari Desa Lolong, ya….

Lokasi Lolong Adventure berada di Jl. Karanganyar – Lebakbarang, Dusun Karangrejo, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

12. Pantai Wonokerto

taman pohon cemara
taman pohon cemara. google maps. sumber: Kristinus Aris Prabowo

Pantai Wonokerto memiliki garis pantai yang cukup luas, dan menyambung dengan Pantai Asri Api-Api. Selain itu pantai ini pun memiliki pasir yang landai dan luas, warnanya kecokelatan.

Ombaknya tak begitu deras, hingga aman untuk dijadikan spot bermain air. Taman pohon cemara pun tak luput dari incaran instaholic yang gemar hunting foto-foto keren nan instagramable.

Lokasi Pantai Wonokerto berada di Wonokerto Selatan, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000,-

13. Sipare Green Park

ciblon di sipare green park
ciblon di sipare green park. google maps. sumber: ineng pujiana

Sipare Green Park pilihan tempat wisata di Kabupaten Pekalongan, yang masih bertemakan alam. Dimana kamu dapat bersantai dengan diiringi suara air yang mengalir, ditambah dengan panorama yang ijo-ijo.

Suasana yang tenang serta damai dapat dinikmati ketika berlibur di Sipare Green Park Karanganyar ini, sesuatu hal yang sangat jarang kamu rasakan ketika berada di tengah rutinitas yang padat.

Me time bersama keluarga maupun bestie diakhir pekan, atau mungkin dengan bersepeda bareng komunitas ke Sipare Green Park dapat menjadi pilihan berlibur yang berkualitas.

Lokasi Sipare Green Park berada di Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00, dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.

14. Wisata Kali Paingan

kali paingan
kali paingan. google maps. sumber: Abraham Andri Yanto

Wisata Kali Paingan memberikan sensasi berlibur dengan keindahan alam yang lengkap. Mulai dari sungainya yang jernih, eksplor kawasan hutan yang masih rindang, hingga kegiatan susur goa.

Kegiatan camping juga banyak dilakukan pengunjung yang ingin hulang healing, dengan menghabiskan waktu semalaman ditemani suara aliran sungai.

Lokasi Wisata Kali Paingan berada di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Harga tiket masuknya Rp. 5.000,- saja. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

15. Wisata Tirta Wahyu Arta

dikelilingi taman yang cantik
dikelilingi taman yang cantik. google maps. sumber: MACHMUDIN

Wisata Tirta Wahyu Arta merupakan tempat wisata kolam renang baru di Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Sejak mulai dibuka pada bulan Februari kemarin, tak pernah sepi pengunjung, meski pembangunan masih berjalan di beberapa titik.

Selain berenang, Tirta Wahyu Arta juga memiliki taman yang cantik dan indah, selain itu ada pula taman kelinci. Dimana kamu dapat melihat hewan lucu tersebut berlarian kesana kemari.

Lokasi Wisata Tirta Wahyu Arta berada di Plumutan, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro. Untuk kamu yang ingin berenang arus membeli tiket masuk sekitar Rp. 5.000,-

Wisata Petungkriyono

Wisata Petungkriyono, atau diksi penulisan lainnya yaitu Petungkriono, adalah wisata Pekalongan yang didominasi oleh destinasi wisata alam.

Petungkriyono atau Petungkriono adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan Wisata Petungkriyono lebih banyak objek wisata curug, serta wisata air lainnya, seperti river tubing.

Lalu apa saja Wisata Petungkriyono yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan? Inilah review Wisata Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah yang sudah kami rangkum untuk anda.

1. Curug Sibedug

curug sibedug
curug sibedug. google maps. sumber: A DhieN

Curug Petungkriyono yang pertama, dan mudah diakses adalah Curug Sibedug. Lokasi Curug Sibedug berada tidak jauh dari jalan utama.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Pada dasarnya Curug Sibedug mempunyai 3 air terjun, namun pada kondisi tertentu hanya dua air terjun saja.

Baca Juga :  20 Tempat Wisata Di Blitar, Dari Wisata Keluarga, Hingga Wisata Sejarah

Lokasi dan alamat Curug Sibedug berada di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Tiket masuk Curug Sibedug gratis, dan jam buka Curug Sibedug rata-rata dari mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 17.00, untuk setiap harinya.

2. Curug Bajing

Air terjun selanjutnya yang terkenal di Wisata Petungkriyono bernama Curug Bajing. Sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter, airnya deras, dan bersih, serta dipenuhi dengan batuan besar di sekelilingnya.

Panorama alam di sekitar Curug Bajing sangat indah, berpadu dengan udara yang menyejukkan. Situasi yang sangat nyaman untuk menikmati secangkir kopi panas di warung dekat lokasi utama, sambil menikmati pesona Curug Bajing.

Jalan menuju lokasi utama Curug Bajing dari area parkir, harus ditempuh dengan cara berjalan kaki sejauh 300 meter. Pemandangan selama di perjalanan juga sangat bagus, serta terdapat beberapa spot selfie.

Lokasi dan alamat Curug Bajing berada di Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Di kawasan Curug Bajing terdapat area camping, dengan spot yang menghadap ke arah air terjun. Bagi yang tidak melakukan camping, biasanya pengunjung akan pulang sebelum jam 17.00.

3. Welo Asri

warna sungai yang cantik
warna sungai yang cantik. google maps. sumber: Urip Subagyo

Setelah menikmati pesona curug petungkriyono, kita lanjutkan kepada pesona keindahan sungai Petungkriyono yang sangat jernih, yang bernama Welo Asri.

Welo Asri adalah paduan keindahan sungai dengan air yang berwarna hijau tosca, dengan taman indah yang dihiasi spot selfie, di area hutan yang memiliki udara yang sangat sejuk.

Welo Asri sering disebut juga Welo River, atau Sungai Welo. Serta menjadi lokasi yang menyenangkan untuk melakukan river tubing.

Lokasi dan alamat Welo Asri berada di  Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Tiket masuk Welo Asri Rp. 5.000, dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir motor. Welo Asri buka setiap hari sepanjang pekan.

4. Black Canyon Petungkriyono

black canyon petungkriyono
black canyon petungkriyono. google maps. sumber: Dea Amalia Alfa

Selanjutnya masih tentang keindahan sungai Petungkriyono yang bernama Black Canyon Petungkriyono. Nama Black Canyon merujuk kepada tebing batu di sekitar sungai yang berwarna hitam.

Airya jernih, serta di beberapa titik berwarna hijau tosca. Namun bagi para pengunjung yang ingin berenang diwajibkan untuk memakai pelampung. Karena kedalaman sungai dari 3,5 meter sampai 5 meter.

Harga tiket masuk Black Canyon Petungkriyono hanya Rp. 5.000 per orang. Dan Black Canyon Petungkriyono buka setiap hari sepanjang pekan.

Lokasi dan alamat Black Canyon Petungkriyono berada di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

5. Curug Lawe

curug tingkat pertama
curug tingkat pertama. google maps. sumber: Eko Munawar

Curug Lawe Pekalongan memiliki ketinggian yang sangat luar biasa, saking tingginya kamu dapat melihatnya dari jalur trekking. Dan terdapat beberapa tingkatan curug di sekitarnya.

Sedikitnya ada dua tingkatan curug sebelum tiba di Curug Lawe. Untuk menuju Curug Lawe Petungkriyono harus melalui anak tangga sederhana yang terdapat di kedua tingkatan curug tadi.

Selain itu sejuknya hutan pinuspun menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Curug Lawe Petungkriyono ini. Hingga kamu dapat hunting foto-foto keren sepuasnya.

Lokasi Curug Lawe berada di Desa Kasimpar, Kecamatan Petungkriyono. Harga tiket masuk Curug Lawe sangat murah, yakni cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

6. Puncak Tugu

landscape alam dari puncak
landscape alam dari puncak. google maps. sumber: Tutup Aja

Puncak Tugu Petungkriyono berada di ketinggian sekitar 1.930 mdpl, dengan view hamparan bukit-bukit cantik, apalagi jika menikmatinya di pagi hari. Dengan ditemani cahaya sang mentari yang memberikan warna indah di langit. View inilah yang menjadi tujuan utama dari para pendaki.

Kondisi puncaknya tak begitu luas, mungkin hanya muat untuk beberapa tenda saja disamping itu masing rindangnya pepohonan di sekitar puncak, membuat spacenya tak begitu besar.

Lautan awan pun menjadi pemandangan utama ketika berada di Puncak, kayak lagi di atas awan gitu. Indah dan menjadi moment utama untuk berfoto, dan mengabadikan keindahannya

Lokasi Puncak Tugu Petungkriyono berada di Dusun Sikucing, Desa Yosorejo. Tiket masuknya gratis ya guys….

7. Curug Muncar

diapit oleh alam yang masih asri
diapit oleh alam yang masih asri. google maps. sumber: Riyan Mamen

Harga tiket masuk Curug Muncar Petungkriyono sebesar Rp. 5.000,- per orang. Lokasinya berada di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Muncar berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, membuat hamparan keindahannya terpampang secara nyata. Sejauh mata memandang hijaunya bukit yang tampak begitu asri.

Berwisata ke Curug Muncar Petungkriyono dijamin bikin liburanmu seru banget, karena di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan curug atau air terjun yang cukup banyak.

Sedikitnya terdapat 4 buah air terjun, yang dimana dua curug berada dekat area parkir, dan dua lagi berada di bagian puncak. Keren nggak tuh!

8. Puncak Hanoman Kendalisodo

camping di ketinggian
camping di ketinggian. google maps. sumber: Shandy Eksani Putra

Daya tarik utama dari Bukit Kendalisodo tentu saja bagian puncaknya, dan biasa disebut Puncak Hanoman Kendalisodo. Dan menjadi spot utama untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata.

Sejauh mata memandang yang tampak hanyalah hamparan alam yang ijo-ijo, hingga pemukiman warga. Bahkan di waktu-waktu tertentu akan tampak lautan awan, yang memberikan sensasi negeri di atas awan.

Lokasi Puncak Hanoman Kendalisodo berada di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Tiket masuknya tidak ada ketentuan khusus, alias gratis.

9. Telaga Sigebyar Mangunan

telaga sigebyar mangunan
telaga sigebyar mangunan. google maps. sumber: Arin Widyana

Telaga Sigebyar Mangunan, atau dikenal dengan Telaga Mangunan memiliki view utama sebuah bukit yang cukup tinggi, dan bagian puncaknya akan tak terlihat jika kabut turun.

Telaga ini pun memiliki taman bunga mini di bagian depannya, yang berisikan berbagai jenis bunga berwarna warni yang sangat cantik. Bahkan katanya banyak tersedia bunga langka juga loh….

FYI, Telaga Mangunan ini konon katanya termasuk danau atau telaga purba, karena konon katanta sudah berusia cukup lama.

Lokasinya berada di keinggian sekitar 2.000 mpdl, tepatnya berada di Desa Tlogohendro. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 10.000,- per orang.