Tugu Muda, Monumen Bersejarah di Semarang Yang Menawan

Tugu Muda sebuah monumen bersejarah di Semarang yang mencerminkan semangat perjuangan para pemuda pada masa Kemerdekaan Republik Indonesia.

Juga merupakan tempat wisata bersejarah di Semarang yang berupa tiang tinggi sekitar 53 meter, namun memiliki filosofis yang sangat berarti.

Tempat wisata di Semarang memang didominasi akan wisata sejarah, sebut saja Kota Lama, Klenteng Sam Poo Kong, Candi Gedong Songo, dan juga ada beberapa wisata lain yang harus kamu eksplor.

berada di 5 jalur utama. google maps. sumber: Tri Hendrayani

simak juga: kota lama semarang

Tugu Muda salah satu tempat wisata di Semarang yang enak untuk dikunjungi, terutama di pagi dan sore hari. Apalagi selepas gowes, kamu dapat bersantai sejenak sambil wisata sejarah juga.

Sejarah Tugu Muda

Sebuah monumen seperti Tugu Muda sangat lekat akan cerita sejarahnya, karena memang tugu ini dibangun untuk mengenang kisah sejarah yang tertoreh dimasa lampau.

Pembangunan Tugu Muda Semarang mulai dibangun pada tahun 1951, dengan tujuan untuk menjadi pengingat perjuangan para pemuda yang gugur pada peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Pertemuan Lima Hari tersebut terjadi pada tanggal 15 sampai dengan 19 Oktober 1945. Yang disebabkan gugurnya Dr. Kariadi serta kaburnya tentara Jepang.

Baca Juga :  Ciblon Waterboom, Wahana Air Seru di Pusat Kota Brebes

Dimana Tugu Muda atau monumen perjuangan ini menggambarkan rasa semangat dari para pemuda yang berjuang kala itu, tanpa ba-bi-bu mereka bergerak tanpa pamrih.

Tugu Muda Semarang diresmikan oleh Presiden RI pertama bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, yakni tanggal 20 Mei tahun 1953.

tugu muda semarang
tugu muda semarang. google maps. sumber: Didi Wahyudi

simak juga: Klenteng Sam Poo Kong

Daya Tarik Tugu Muda Semarang

1. Arti Tugu Muda Semarang

Sekali lagi tujuan didirikannya Tugu Muda Semarang ialah untuk mengenang jasa para pejuang, bentuknya berupa lilin pun mengambarkan arti tersendiri. Dengan memiliki tiga struktur utama, yakni:

  • Landasan,
  • Badan, dan
  • Kepala.

Dimana pada bagian kaki atau landasannya terdapat hiasan relief Tugu Muda berupa:

  • Relief Hongerodeem, yang menggambarkan penderitaan Rakyat Indonesia pada zaman penjajahan.
  • Relief Pertempuran, gambaran dari semangat dan keberanian Rakyat Indonesia.
  • Relief Penyerangan, gambaran dari perlawanan yang dilakukan para pejuang.
  • Relief Korban, menggambarkan korban-korban yang berguguran pada peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang.
  • Relief Kemenangan, sebuah gambaran kemenangan atas perjuangan yang telah dilakukan.
wisata sejarah di semarang
wisata sejarah di semarang. google maps. sumber: alasroban

simak juga: candi gedung songo

Entah disengaja atau tidak, ternyata keberadaan Tugu Muda Semarang ini sangat berkaitan dengan angka 5, mulai dari relief yang ada di landasan Tugu Muda yang berjumlah 5 buah.

Selain itu lokasinya berada di 5 jalan utama, yakni Jalan Pandanaran, Jalan Mgr. Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, dan Jl. Dr. Sutomo.

2. Dikelilingi Taman Yang Cantik

Di sekitar Tugu Muda Semarang dihiasi taman yang cantik, dengan berbagai bunga warna-warni di sekelilingnya. Maka jangan heran jika banyak pengunjung yang datang bersantai di pagi atau sore hari.

View di malam hari nggak kalah epic, dimana Tugu Muda Semarang akan dihiasi lampu yang dapat mempercantik suasana. Juga terdapat sebuah api kecil di bagian atas Tugu, seakan melambangkan semangat para pemuda tak pernah padam.

Baca Juga :  Watu Gunung, Review Kolam Renang Unik Di Ungaran

Tugu Muda Semarang tampak aesthetic, apalagi latarnya ialah Lawang Sewu. Bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang memiliki corak khas Eropa. Dapat pula dijadikan destinasi wisata selanjutnya.

hiasan taman yang cantik
hiasan taman yang cantik. google maps. sumber: Amana Pictures

simak juga: lawang sewu

Lokasi Tugu Muda

  • Lokasinya berada di pusat Kota Semarang
  • Alamat lengkapnya di Jl. Pandanaran, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Untuk menuju Tugu Muda Semarang dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jarak dari Kota Lama Semarang cukup dekat, yakni sekitar kurang dari 5 km.

Rute menuju Tugu Muda Semarang dari Kota Lama ialah dengan menuju Jl. Cendrawasih hingga tiba di Jl. K.H. Agus Salim. Teruskan perjalanan untuk menuju Jl. MH. Thamrin untuk sampai di Jl. Pandanaran.

Jam Buka Tugu Muda

Jam operasional Tugu Muda buka setiap hari Senin hingga Jumat, selama 24 jam nonstop.

lawang sewu
lawang sewu. google maps. sumber: MHanif Zaid Maulana

simak juga: old city 3D trick art museum

Harga Tiket Masuk Tugu Muda

Tiket masuk Tugu Muda pun gratis ya, karena merupakan fasilitas publik.

Fasilitas Tugu Muda

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Tugu Muda Semarang hanya tersedia taman cantik, yang enak dijadikan spot untuk nongkrong.

Penutup

Tugu Muda Semarang sebuah lokasi wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk pengingat bagi para pemuda khususnya agar senantiasa terus berjuang di passionnya masing-masing.