Waduk Gunung Rowo, Tempat Liburan Cozy Bareng yang Tersayang

Waduk Gunung Rowo merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Indonesia. Waduk ini berada di kaki Gunung Muria, Pati, Jawa Tengah. Lokasi Waduk Gunung Rowo berdekatan dengan Waduk Seloromo atau yang orang-orang biasa sebut Waduk Gembong.

Sama halnya dengan Waduk Seloromo, Waduk Gunung Rowo juga dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1928. Waduk ini dikenal sebagai waduk pertama yang dibangun Kolonial Belanda di Pati yang difungsikan untuk pengairan sawah dan sumber kehidupan masyarakat Gembong.

landmark waduk gunung rowo. google maps. sumber: Aris Susanto

Asal Usul Waduk Gunung Rowo

Nama Gunung Rowo mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang dan kental dengan hiasan unsur mistis yang cukup melekat. Dahulu sebelum tempat ini menjadi waduk, ada ular ghaib yang menduduki tempat ini.

Karena was-was berita ular ghaib ini akhirnya sampai ke telinga Bupati Pati yang saat itu dipegang oleh Raden Ageng Kusumo. Beliau mengumumkan sayembara untuk membunuh ular ghaib tersebut.

Baca Juga :  Kawasan Budaya Jetayu, Pusat Wisata Budaya Di Pekalongan

Singkat cerita orang yang berhasil membunuh ular tersebut adalah Raden Moro Kesumo yang merupakan cucu dari Raden Hadi Sosro Kusumo Cendono.

Setelah ular tersebut mati, ternyata darahnya membentuk ular-ular kecil. Akhirnya, Bupati Pati berinisiatif untuk menyemburkan gabah melalui Bambu sepanjang 1 meter untuk membunuh ular-ular tersebut. Gabah yang disemburkan tersebut tumbuh menjadi Padi di Sawah Rowo.

Lokasi Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo berlokasi di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Jalan menuju Waduk Gunung Rowo sudah beraspal, lokasinya berjarak 15,4 km atau 33 menit perjalanan dari Alun-alun Pati. Rute tercepat yang bisa kamu ambil adalah dengan melewati Jalan Tlogo Wungu.

Pertama, ikuti Jalan Pantura/ Jalan Raya Pati/ Jalan Raya Tuban-Semarang/ ke Jalan Gembong/ Jalan Kol/Sunandar Di Puri sekitar 1,2 km atau 3 menit perjalanan. Tetap di Jalan Gembong sejauh 28 km untuk sampai ke objek wisata Waduk Gunung Rowo.

area playground
area playground. google maps. sumber: sailore ramon

simak juga: bukit pandang ki santa mulya

Jam Buka Waduk Gunung Rowo

Jam operasional Waduk Gung Rowo setiap hari dari Senin hingga Minggu, 24 jam non stop.

Harga Tiket Waduk Gunung Rowo

  • Harga tiket masuk Waduk Gunung Rowo Rp. 3.000,- per orang.
  • Harga parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000,
  • Kendaraan roda empat Rp. 3.000,- per kendaraan

Harga parkir kendaraan hanya diterapkan di area tertentu. Jika kamu memilih parkir di depan warung makanan tidak ada biaya parkir khusus yang diterapkan alias gratis.

Fasilitas Waduk Gunung Rowo

Objek Wisata Waduk Gunung Rowo memiliki berbagai fasilitas seperti:

  • Gazebo,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Area Pemancingan,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Tempat bermain anak,
  • Spot Foto,
  • Camping Area.
tempat hangout yang adem
tempat hangout yang adem. google maps. sumber: sailore ramon

simak juga: amazon waterland

Daya Tarik Waduk Gunung Rowo

1. Tempat Nongkrong yang Cozy

Ditengah rutinitas hectic abis, pasti akan mendorongmu untuk mencari suasana yang nyaman, fresh, dan menenangkan. Nah, waktunya kamu untuk datang ke Waduk Gunung Rowo.

Tempat wisata ini menjadi pilihan yang tepat untuk nongkrong asyik bareng kawan, keluarga atau orang-orang terdekatmu. Kamu bisa menyesap kopi sambil memandang view Gunung Rowo yang indah dan udaranya yang segar, dijamin cozy abis!

Kalau masih ingin berlama-lama untuk mengekplor lebih jauh keindahan Waduk Gunung Rowo, bisa juga sambil berkemah disini.

2. Aktivitas Mancing dan Bakar Ikan

Di Waduk Gunung Rowo kamu gak hanya sekedar duduk-duduk santai menikmati keindahan yang disuguhkan. Disini, kamu juga bisa mengajak kerabatmu untuk mancing bersama.

Cocok banget nih buat kamu yang hobi mancing, siapkan peralatan yang lengkap dan ikan-ikanpun akan segera menghampiri kailmu.

Tidak hanya mancing, aktivitas seru lain yang menjadi daya tarik wisatawan adalah menyantap bakar ikan. Sudah jadi ciri khas ya jika liburan ke Waduk Gunung Rowo, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati kelezatan ikannya. Nyam!

landscape dari ketinggian
landscape dari ketinggian. google maps. sumber: sailore ramon

simak juga: gua pancur jimbaran

3. Touring Sepeda

Chill bareng sambil touring dengan klub sepedamu ke Waduk Gunung Rowo wajib banget dicoba. Akses jalannya yang seru sangat menantang bagi para pecinta gowes ini.

Pepohonan rindang yang ada di kanan kirimu akan menemani sepanjang perjalanan. Hamparan sawah yang luas dan udara yang fresh benar-benar bikin rileks.

Ya, Waduk Gunung Rowo hingga saat ini memang selalu menjadi primadona bagi para pesepeda. Tertarik untuk mencoba?

4. Kenikmatan Makanan Khas Pati

Disepanjang Waduk Gunung Rowo banyak sekali warung-warung makanan, dan warung kopi yang menyediakan berbagai menu lengkap dan lezat.

Di warung-warung ini juga kamu bisa menemukan banyak menu makanan khas Pati. Harganya murah meriah juga nih.

Kamu bisa menyantapnya di gazebo-gazebo yang sudah dibangun di area Waduk Gunung Rowo sambil menikmati indahnya matahari terbenam (sunset).

Keseruan yang terakhir ialah dengan mengunjungi sebuah mercusuar yang berada di sisi danau, dan melihat Waduk Gunung Rowo dari ketinggian.

waduk yang cukup luas
waduk yang cukup luas. google maps. sumber: Anto S

simak juga: grenjengan sewu

Penutup

Gaskuy chill bareng orang-orang yang kamu sayang ke Waduk Gunung Rowo. Enjoy Your Holiday!