Waduk Nglangon, Pesona Wisata Waduk Tertua Di Indonesia

Waduk Nglangon bukan hanya sekedar bendungan yang berfungsi untuk menjaga persediaan air bagi sektor pertanian saja. Di sisi lain ternyata waduk tersebut menyimpan potensi wisata, dan dimensi sejarah.

Waduk Nglangon bisa menjadi pilihan wisata keluarga di akhir pekan. Karena objek wisata tersebut murah meriah, namun juga tidak murahan. Bahkan terdapat banyak spot selfie yang instagramable.

Dan perlu diketahui bahwa Kabupaten Grobogan, atau yang disebut juga dengan nama Purwodadi memiliki banyak waduk, atau bendungan, sekaligus menjadi tempat wisata yang populer.

waduk bersejarah. google maps. sumber: Rendy Stay

Di artikel sebelumnya penulis telah mereview tentang Waduk Kedung Ombo, lengkap dengan ragam fasilitas wisatanya. Dan kini kita lanjutkan dengan mereview wisata Waduk Nglangon Grobogan. Yuk Kita simak ulasannya!

Simak juga : Embun Bening Kedung Ombo Park

Lokasi Waduk Nglangon

Mungkin saja kebanyakan pembaca setia nativeindonesia.com masih kebingungan Waduk Nglangon dimana? Lokasi Waduk Nglangon berada di alamat Desa Nglangon, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Jalan menuju wisata Waduk Nglangon Grobogan bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat hingga area parkiran utama.

Jika anda berangkat dari Alun – A;un Grobogan, atau Alun – Alun Purwodadi, maka jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

landmark waduk nglangon
landmark waduk nglangon. google maps. sumber: edy ismanto

Harga Tiket Masuk Waduk Nglangon

Seperti apa yang telah disampaikan di awal pembahasan, berwisata ke Waduk Nglangon bisa disebut dengan wisata keluarga yang murah meriah. Karena tiket masuknya Cuma Rp. 5.000.

Tetapi beberapa wahana, terutama wahana airnya dikenakan biaya terusan. Biaya tersebut juga sangat murah, rata-rata sekitar Rp. 5.000.

simak juga: air terjun gulingan

Jam Buka Waduk Nglangon

Wisata Waduk Nglangon Grobogan buka dari pagi-pagi hingga sore hari, dari pukul 08.00 sampai dengan jam 17.00.

Fasilitas Di Waduk Nglangon

Fasilitas wisata yang ada di Waduk Nglangon, atau sering disebut juga dengan nama Green Forest Nglanong Grobogan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Landmark,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Perahu,
  • Beberapa spot selfie.
landscape waduk
landscape waduk. google maps. sumber: gonniels 7881

simak juga: bledug kuwu

Daya Tarik Waduk Nglangon

1. Wisata Keluarga Yang Murah Meriah

Perlu diketahui bahwa kunjungan wisata ke Waduk Nglangon disarankan saat kondisi airnya sedang pasang. Karena jika musim kemarau akan berkurang debit airnya.

Selain itu jika saat surut tidak bisa menikmati berkeliling perairan Waduk Nglangon dengan menggunakan perahu. Namun sebaliknya saat pasang, para pengunjung bisa menjelajah perariran waduk sambil berswafoto.

Area tepian Waduk Nglangon juga sangat nyaman dan luas untuk sekedar menikmati secangkir kopi, dan menghela sejenak dari beban pekerjaan yang tiada henti.

2. Waduk Tertua, Dan Pertama Di Indonesia

menikmati senja
menikmati senja. google maps. sumber: joko purnomo

simak juga: ganesha tidur banjarejo

Waduk Nglangon menyandang status sebagai waduk yang pertamakali dibangun di Indonesia. Waduk, atau bendungan tersebut dibangun pada masa Hindia Belanda.

Pembangunan Waduk Nglangon Grobogan membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Tepatnya pertamakali dibangun pada tahun 1911 hingga 1914.

Waduk Nglangon memiliki Luas daerah Tangkapan sekitar 2,7 kilometer persegi, dan memiliki volume sekitar 1.093.000. Sebelum memiliki fungsi wisata, Waduk Nglangon memiliki fungsi utama untuk menjaga kestabilan air daerah pertanian di sekitarnya.

Penambahan fungsi wisata di Waduk Nglangon ditegaskan dengan penyediaan fasilitas wisata yang nyaman, termasuk wahana wisata air.

Setelah dilakukan beberapa renovasi dan penambahan fasilitas, maka pada tahun 2019 Waduk Nglangon mulai diresmikan sebagai sebuah destinasi wisata yang populer di Grobogan.

rekreasi murah meriah
rekreasi murah meriah. google maps. sumber: Ntlusur JelajahSaksenenge

simak juga: air terjun widuri

3. Wisata Sejarah

Terlepas dari segala kontroversi yang berkembang, ternyata menurut beberapa sumber menyatakan bahwa Waduk Nglangon menjadi saksi bisu pembantaian tahanan politik PKI.

Baca Juga :  Pantai Kamulyan Cilacap, Pantai Di Jalur Lingkar Selatan