Watu Gunung, Review Kolam Renang Unik Di Ungaran

Watu Gunung Ungaran merupakan sebuah tempat wisata berupa wahana kolam renang yang airnya berasal dari mata air alami. Berenang di Watu Gunung memberikan suasana yang berbeda.

Tempat wisata di Ungaran yang satu ini, termasuk kedalam wisata keluarga. Karena dapat dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, dengan berbagai ragam wisata yang coba diberikan.

kolam renang watu gunung. google maps. sumber: Agung Maulana

Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang memiliki beberapa tempat wisata yang cukup hits dikalangan para pelancong, hingga Kecamatan ini sudah tak asing lagi dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar Semarang.

Berikut deskripsi dari Watu Gunung Ungaran, untuk kamu yang penasaran seperti apa sih rasanya berenang di kolam alami dengan suasana yang berbeda.

Lokasi Watu Gunung Ungaran

Lokasi Watu Gunung Ungaran berada di alamat Jl. Srikandi No. 1, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rute menuju Watu Gunung Ungaran jika berangkat dari Bandungan ialah dengan menuju Jl. Lemah Abang Bandungan lalu belok kiri ke Jl. Semarang – Surakarta.

Beloklah ke kiri lagi untuk menuju Jl. Kaligarang hingga akhirnya tiba di Jl. Srikandi Raya. Lokasi Watu Gunung Ungaran berada di sebelah kiri jalan. Akses jalannya dapat dilalui kendaraan motor maupun mobil.

Jam Buka Watu Gunung Ungaran

  • Jam buka Watu Gunung Ungaran setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai beroperasi dari pukul 08 pagi sampai 5 sore
adem
adem. google maps. sumber: Arinda D

simak juga: vanaprastha gedong songo

Harga Tiket Masuk Watu Gunung Ungaran

Tiket masuk Watu Gunung Ungaran berbeda antara weekdays dan weekend, yakni:

  • Rp. 20.000,- per orang di weekdays
  • Rp. 25.000,- per orang di weekend

Fasilitas Watu Gunung Ungaran

Fasilitas yang ada di sekitar Watu Gunung Ungaran sudah dilengkapi:

  • Lahan parkir yang luas,
  • Toilet,
  • Restaurant,
  • Gazebo atau saung,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Penginapan,
gazebo di atas danau
gazebo di atas danau. google maps. sumber: Gina Ariska

Daya Tarik Watu Gunung Ungaran

1. Suasana Jawa Yang Kental

Ketika memasuki gerbang utama dari Watu Gunung, kamu akan disambut dengan suasana khas Jawa dimana-mana. Mulai dari loket tiket masuknya berupa pos kecil yang terbuat dari kayu terlihat seperti rumah panggung.

Tak jauh dari loket masuk, terdapat sebuah gapura khas yang suka ada di film-film kolosal. Semakin masuk ke dalam, suasana Jawa terasa sangat kental.

Seluruh bangunan yang ada di Watu Gunung terbuat dari kayu, dan mirip seperti rumah-rumah orang Jawa pada zaman dulu. Dilengkapi pula dengan rimbunnya tanaman, yang membuat udara tambah adem.

Jalur jalan setapaknya pun terbuat dari batuan koral, berbagai batuan alam dengan ukuran yang beragam ikut menghiasi kawasan Watu Gunung.

simak juga: tempat wisata di bandungan

2. Kolam Renang

bening banget
bening banget. google maps. sumber: Safira Ajeng

Watu Gunung Ungaran memiliki dua buah kolam renang, ada kolam anak ada pula kolam dewasa. Dimana kolam dewasanya dibatasi bebatuan, sebagai tanda perbedaan kedalaman kolam. Airnya jernih banget, sampai-sampai dasar kolamnya dapat terlihat dengan jelas.

Perosotan ataupun ember tumpah tak akan kamu temukan di Watu Gunung Ungaran, meski begitu pengunjung yang berenang di sini akan tetap merasakan keseruan bermain air apalagi anak-anak.

Di sekitar kolam renang dihiasi pepohonan yang cukup rindang, membuat kita serasa sedang berenang di tengah hutan. Beda dari kolam renang yang lain deh pokoknya.

simak juga: tempat wisata di ambarawa

3. Watu Gunung Resto

watu gunung resto
watu gunung resto. google maps. sumber: Kenzie

Setelah puas berenang, perut kamu pasti lapar kan? Ada larangan membawa makanan dari luar loh, terus kalau perut lapar gimana?

Jangan resah dan gelisah, karena di Watu Gunung terdapat sebuah restoran yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, untuk kamu yang mau ngopi juga bisa banget. Harga makanan di Watu Gunung Resto ini masih aman lah di kantong.

Banyak pengunjung yang memilih menikmati makanan di atas sebuah danau, ya ala-ala restoran terapung gitu. Danau tersebut merupakan danau buatan, yang menjadi salah satu daya tarik lain yang dimiliki Watu Gunung Ungaran.

Baca Juga :  Lembah Nirwana, Ngadem Dengan Suasana Surgawi