Wisata Danau Di Garut, Naik Rakit Menikmati Situ

Wisata danau di Garut ikut menghiasi destinasi wisata kamu ketika berlibur di kota intan, sehingga Garut memiliki ragam tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Danau atau situ terdiri dari dua jenis, ada danau buatan adapula danau alami. Danau buatan terbentuk karena kesengajaan dengan maksud tertentu, misalnya sebagai saluran irigasi.

Sedangkan danau alami merupakan danau yang terbentuk secara alami, tanpa campur tangan manusia sedikitpun misalnya saja Danau Toba yang ada di Pulau Sumatera. Dimana terbentuk akibat dahsyatnya letusan gunung berapi beberapa juta tahun yang lalu.

Danau atau situ yang ada di Kabupaten Garut:

1. Situ Cangkuang

simak: candi cangkuang

Situ Cangkuang merupakan situ atau danau pertama yang akan kita bahas, keberadaannya tak dapat dipisahkan dari Candi Cangkuang karena memang berada di satu lokasi yang sama.

Luas dari Situ Cangkuang sekitar 340 hektar dan Candi Cangkuang berada di sebuah pulau kecil di tengah danaunya. Candi tersebut diperkirakan merupakan peninggalan budaya Hindu di Jawa barat, yang dibangun sekitar abad ke 8 Masehi.

Selain terdapat Candi Cangkuang di kawasan wisata Situ Cangkuang juga terdapat kawasan Kampung Pulo, lokasinya tepat di samping candi.

Kampung Pulo hanya memiliki 6 bangunan rumah dan 1 mushola, yang menggambarkan 6 orang anak perempuan dari Eyang Emah Dalem Arif Muhammad dan 1 mushola menggambarkan anak laki-laki beliau.

Hingga saat ini hal tersebut tidak berubah, kondisi Kampung Pulo tetap memiliki 6 rumah dan 1 mushola. Dan yang menempati Kampung Pulo merupakan keturunan langsung dari Eyang Embah Dalem Arif Muhammad.

Baca Juga :  Taman Wisata Alam Linggarjati, Liburan Paket Lengkap Di Kuningan

Tak jauh dari lokasi Kampung Pulo, terdapat sebuah mini museum yang menceritakan segala sesuatu yang berkaitan dengan tempat wisata di Garut yang satu ini.

Ragam wisata seru yang dapat dilakukan ketika berada di Situ Cangkuang diantaranya:

  • Naik rakit,
  • Mengunjungi Kampung Pulo,
  • Berfoto di depan Candi Cangkuang,
  • Mengunjungi museum,
  • Berziarah ke makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad,
  • Hunting foto keren,

Situ Cangkuang merupakan danau favorit yang sering dikunjungi wisatawan, jika hari libur tempat wisata ini ramai sekali. Bahkan kamu dapat melihat beberapa turis asing yang ikut berlibur di Situ Cangkuang.

  • Lokasi: Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

2. Situ Bagendit I

jalan jalan di bagendit I
jalan jalan di bagendit I. google maps. sumber: Taufik nur Alhidayat

Situ Bagendit 1 beberapa waktu lalu sempat ditutup sementara, diakibatkan sedang dalam proses renovasi. Dan digadang-gadang akan menjadi objek wisata bertaraf Internasional.

Tampilan baru dari Situ Bagendit 1 ini sangat dinantikan oleh warga sekitar yang sudah tidak sabar untuk segera berlibur di situ yang sarat akan cerita legendanya.

Kawasan Situ Bagendit 1 pernah dijadikan lokasi cukur massal yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 silam.

Situ Bagendit 1 saat ini memiliki 12 zona yang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang, salah satunya ialah zona kebun teratai yang dihiasi bunga tertai yang cantik serta bentuk jembatan yang melingkar mirip bunga teratai.

  • Lokasi: Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Situ Bagendit II

naik rakit di bagendit II
naik rakit di bagendit II

Situ Bagendit II menjadi pilihan berwisata ketika Bagendit I sedang dalam proses perbaikan, dari kawasan ini nampak Bagendit I yang sedang dalam tahap pembangunan.

Baca Juga :  Wisata Alam Di Garut, Dari Laut, Gunung, Hingga Hutan Yang Hits

Lokasinya memang tidak seluas Bagendit I, namun fasilitas yang ada sudah lengkap. Dan ketika berlibur ke Bagendit II kamu harus mencoba untuk naik perahu naganya. Dimana kamu akan diajak mengelilingi situ atau danau selama beberapa menit.

  • Lokasi: Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

4. Situ Cidahu

situ cidahu
situ cidahu. google maps. sumber: Akhmad Hidayat

Situ Cidahu merupakan situ alami yang berfungsi sebagai saluran irigasi pesawahan yang ada di sekitarnya, dan juga merupakan surganya para mancing mania.

Karena situ ini dihuni berbagai jenis ikan seperti mujaer, nila, ikan gabus, dan lain sebagainya. Hanya sayangnya Situ Cidahu ini tak banyak dikunjungi wisatawan, hanya mereka yang gemar memancing yang biasanya sering datang berkunjung.

Padahal Situ Cidahu memiliki ragam wisata berupa naik rakit, sama halnya seperti di Situ Cangkuang ataupun di Situ Bagendit.

  • Lokasi: Desa Mekarsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

5. Situ Cibangban

situ cibangban
situ cibangban. google maps. sumber: heru malik

Situ Cibangban lokasinya cukup dekat dengan Situ Cidahu, berada di satu kecamatan yakni Karangpawitan hanya beda desa atau kelurahan saja.

Sama halnya dengan Situ Cidahu, Situ Cibangban pun banyak dikunjungi mereka yang hobi memancing. Selain itu danaunya indah serta memiliki panorama yang bikin adem.

  • Lokasi: Karangmulya, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Kabupaten Garut masih memiliki beberapa situ atau danau indah lainnya, namun keberadaannya tidak sepopuler beberapa situ di atas. Berikut beberapa diantaranya:

  • Situ Cibolerang,
  • Situ Rancakukuk,
  • Situ Cibeureum,

Penutup

Tak heran jika Kabupaten Garut saat ini menjadi tujuan para pelancong untuk berlibur, karena objek wisata yang ada di Garut beragam dan bikin kangen.