Wisata Pagubugan Melung, Wisata Air Purwokerto Di Tengah Sawah

Wisata Pagubugan Melung Purwokerto, Kabupaten Banyumas menyimpan sejuta pesona. Banyak wisatawan lokal dan luar daerah yang berkunjung untuk menikmati suasana alam dan segala fasilitas yang ada di Wisata Purwokerto ini.

Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah areanya yang menyatu dengan area pesawahan, dengan sistem terasering yang bikin adem mata.

Wisata Pagubugan Melung sangat cocok untuk dijadikan rekreasi bersama keluarga, kamu bisa sambil berpikinik, bersantai, berenang, berfoto selfie, hingga berkemah.

taman bunga. google maps. sumber: Ganang Restu Bariadi

simak juga: wisata buken

Saat menghabiskan waktu liburanmu disini kamu akan merasakan sensasi seperti berlibur di pedesaan. Gemericik air, hamparan sawah yang mengelilingi area wisata, udara yang sejuk, pemandangan Gunung Slamet, serta beberapa kedamaian lainnya.

Ditengah segala fasilitas yang tersedia, Wisata Pagubugan Melung ini termasuk salah satu tempat wisata yang murah meriah di Kabupaten Banyumas. Hanya sekali membayar tiket, kamu sudah bisa menikmati berbagai daya tarik yang ditawarkan.

Daftar isi

Lokasi Wisata Pagubugan Melung

Lokasi Wisata Pagubugan Melung beralamat di Dusun I, Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini mudah diakses oleh kendaraan pribadi roda empat atau roda dua dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Purwokerto jaraknya hanya berkisar 13 km dengan estimasi waktu kira-kira 27 menit perjalanan.

Jika kamu berangkat dari Alun-alun Kota Purwokerto ambil arah utara di Jalan Masjid menuju Jalan Kabupaten, lalu belok kiri ke Jalan Candrawijaya atau Jalan Raya Beji.

Setelah 1,5 km belok kanan ke Jalan R. Soepono, terus ikuti jalan tersebut hingga kamu masuk ke Jalan Raya Kutaliman. Setelah 1 km kamu akan sampai ke lokasi tujuan, Wisata Pagubugan Melung.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu diharuskan menyusuri jalan setapak diantara pematang sawah untuk menuju spot utama. Nggak terlalu jauh kok, selain itu viewnya enakin banget.

trekking menuju kolam
trekking menuju kolam. google maps. sumber: Jazzllod Setya

simak juga: dream land waterpark

Jam Buka Wisata Pagubugan Melung

Wisata Pagubugan Melung buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, dari pukul  07.30 hingga 16.00 WIB.

Harga Tiket Wisata Pagubugan Melung

  • Harga tiket masuk Wisata Pagubugan Melung Weekday Rp.10.000,- per orang.
  • Harga tiket masuk Wisata Pagubugan Melung Weekend Rp.15.000,- per orang.
  • Harga parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000,-
  • Kendaraan roda empat 5.000,-

Fasilitas Wisata Pagubugan Melung

Fasilitas yang dapat kamu jumpai saat berwisata ke Pagubugan Melung diantaranya:

  • Kolam Renang,
  • Spot Selfie,
  • Camping Ground,
  • Grujugan Bengkok,
  • Jembatan Bamboe Kali Manggis,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kamar Ganti,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Watu Tumpang,
  • Area Playground,
  • Tempat penyewaan ban,
  • Gazebo,
  • Warung Makanan.
kolam renang di tengah sawah
kolam renang di tengah sawah. google maps. sumber: Reza Galih Satriaji

simak juga: hutan pinus limpakuwus

Daya Tarik Wisata Pagubugan Melung

1. Kolam Renang Di Tengah Sawah

Wisata Pagubugan Melung dikenal dengan wahana wisata air yang menyatu dengan alam. Nuansa berenang outdoor sambil melihat sawah yang terhampar luas menjadi keunikan tersendiri.

Setiap pengunjung yang datang akan merasakan nuansa bermain di pedesaan, asri, indah, udara sejuk dan nyaman. Tak heran banyak sekali pengunjung yang datang beramai-ramai mengunjungi Wisata Pagubugan Melung saat akhir pekan tiba.

Wisata Pagubugan Melung memiliki tiga buah kolam renang, dua berada di bagian atas dan satu lagi berada di bagian bawah. Semua kolamnya memiliki kedalaman yang aman untuk anak-anak. Air kolamnya berasal dari mata air alami loh….

2. Camping Ground

Selain berenang, Wisata Pagubugan Melung menjadi tempat yang cocok untuk camping bersama keluarga, teman, atau kerabat dekatmu. Kamu bisa mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan.

View utamanya ialah hamparan sawah terasering, pepohonan yang rindang. Sebelum menuju camping ground, terdapat taman bunga yang dihiasi beragam bunga-bunga yang cantik.

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Timbul Yulianto

simak juga: bukit tranggulasih

3. Wahana Outbound

Berlibur di alam terbuka seperti Wisata Pagubugan Melung rasanya kurang lengkap tanpa memacu adrenalin dengan mencoba wahana outbound yang ada didalamnya.

Kamu bisa puas bermain flying fox, ATV, dan wahana outbond lainnya yang ada di tempat wisata ini. Jangan lupa tetap jaga keselamatan ya!

Selain itu, anak-anak juga dapat bermain di area play ground yang tersedia beberapa wahana bermain yang dapat dimainkan.

4. Kuliner Murah Meriah Khas Banyumas

Salah satu hal yang diburu pengunjung saat berlibur ke suatu destinasi wisata adalah mencoba kuliner khasnya. Nah, di Wisata Pagubugan Melung ini banyak dijajakan kuliner-kuliner khas Kabupaten Banyumas.

Dan yang pasti membuat pengunjung puas selain makanan dan minumannya yang lezat, juga harganya ramah di kantong. Saat liburan ke Wisata Pagubugan Melung kantongmu dijamin tidak akan sampai kebobolan.

salah satu spot favorit
salah satu spot favorit. google maps. sumber: Riswan To

simak juga: telaga sunyi

Penutup

Saat berkunjung ke Kabupaten Banyumas jangan lupa untuk sempatkan berlibur ke Wisata Pagubugan Melung ya. Dengan berbagai daya tarik alam dan fasilitas yang tersedia ditunjang dengan biaya yang murah meriah akan membuat liburanmu semakin seru.

So, selamat menikmati kunjunganmu ke Wisata Pagubugan Melung!