Wisata Situ Bagendit Garut, Wajah Baru Suasana Baru

Situ Bagendit ialah sebuah danau di Garut yang saat ini memiliki wajah baru setelah setahun lebih mengalami revitalisasi. Meski belum diresmikan, Situ Bagendit sudah buka kembali.

Ketika mengetahui Situ Bagendit sudah buka, banyak masyarakat Garut yang sangat antusias untuk melihat secara langsung Situ Bagendit yang baru ini.

Selama direvitalisasi, masyarakat Garut mengunjungi Situ Bagendit 2 yang berada di Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi sebagai obatnya.

Penulis mengunjungi Situ Bagendit baru ini dengan menyewa Sonagar bersama saudara. Sonagar merupakan akronim dari Wisata Pesona Garut, yang menjadi andalan wisata di Garut bagi mereka yang ingin berkeliling di sekitar Kota Intan dengan menggunakan bus wisata semi terbuka.

sonagar

Legenda Situ Bagendit

Keberadaan Situ Bagendit memang tak dapat dilepaskan dari legenda atau mitos yang sudah tersebar dari mulut ke mulut, tentang asal muasal dari danau yang memiliki luas lebih dari 100 hektar ini.

Mitos atau legenda tersebut berawal dari seseorang yang bernama Nyai Endit yang kala itu hidup sangat berkecukupan namun kikir alias pelit.

Baca Juga :  Taman Pakujoyo, Taman Cantik Anti Mesum Di Sukoharjo

Singkat cerita Nyai Endit mengadakan pesta yang sangat meriah disaat paceklik melanda, kemudian datang seorang kakek-kakek yang meminta makanan karena kelaparan. Namun karena Nyai Endit memiliki sifat kikir, dia mengusir kakek-kakek tersebut tanpa memberikan apapun.

Esok harinya, masyarakat sekitar geger karena adanya sebatang lidi yang menancap di jalan desa. Dan yang paling anehnya tidak ada satu orang pun yang dapat mencabut lidi tersebut.

menara pandang

Sampai akhirnya datanglah sang kakek yang tadi malam meminta makanan, kemudian dia mencabut lidi yang menancap itu. Lama kelamaan keluar air dari bekas lubang tersebut hingga akhirnya menenggelamkan desa tersebut.

Nyai Endit tidak mau meninggalkan rumahnya karena takut kehilangan harta yang dia miliki, hingga akhirnya dia tenggelam bersamaan dengan harta tersebut.

Terdapat beberapa cerita tentang mitos Situ Bagendit ini, namun semuanya memiliki plot cerita yang sama yakni tentang seorang wanita kaya yang pelit atau kikir.

jembatan merah

Sekarang Situ Bagendit kembali menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang naik daun.

Lokasi dan Alamat Situ Bagendit

Alamat Situ Bagendit berada di Desa Bagendit, Kecamatan Bayuresmi, Kabupaten Garut.

Untuk menuju lokasi, anda bisa menggunakan bantuan peta dibawah ini

Lihat juga: review Pantai Santolo

Jarak Situ Bagendit sekitar 4 km dari pusat kota Garut, dan dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan dapat dituju dengan menggunakan transportasi umum atau angkot.

Angkot yang dapat digunakan ialah jurusan Terminal Guntur – Banyuresmi yang warnanya orange putih. Kamu minta turun di Situ Bagendit, selanjutnya tinggal berjalan menuju lokasi tiket masuk.

Info lainnya: review Kamojang Ecopark

Jam Buka Situ Bagendit

  • Jam operasional Situ Bagendit buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Tiket Masuk Situ Bagendit

Harga tiket masuk Situ bagendit sangat ramah dikantong, yakni sebesar Rp. 5.000,- aja per orangnya.

fasilitas di situ bagendit

simak juga: tempat nongkrong di garut

Fasilitas Situ bagendit

Fasilitas Situ Bagendit yang baru ini sangat lengkap dan memadai, hal tersebut dibuktikan dengan adanya:

  • Area parkir yang luas,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Area foodcourt,
  • Amphitheater,
  • Dermaga wisata,
  • Menara pandang,
  • Arena bermain anak,
dermaga wisata

Daya Tarik Situ Bagendit

1. Spot Foto Instagramable

Wajah baru Situ Bagendit memiliki banyak spot-spot keren untuk kamu hunting foto, ketika penulis datang banyak muda-mudi yang sedang berpose untuk mendapatkan hasil foto yang keren banget.

Penulis pun tak ketinggalan untuk mengambil foto di beberapa spot kekinian yang ada di Situ Bagendit baru, yang menjadi spot favorit ialah ketika berada di dermaga wisata.

Selain itu, penulis juga sempat berfoto di sebuah jembatan besi yang berwarna merah. Kayak lagi dimana gitu kalau foto di sini.

salah satu spot foto keren

simak juga: tempat ngopi di garut

2. Eksotiknya Situ Bagendit

Situ Bagendit yang baru ini terlihat sangat menawan, sangat berbeda jauh dengan wajahnya yang dulu. Jika dulu kita hanya dapat menikmati situ dari sebuah gazebo atau saung, lalu naik kereta api mengelilingi tempat wisata Situ Bagendit. Jika ingin mengelilingi situnya, dengan menggunakan rakit.

Saat ini jalur kereta api telah berubah menjadi kawasan taman yang adem dengan tingginya pepohonan, serta di atas Situ Bagendit dibuatkan dermaga dengan bentuk yang antimainstream jika dilihat dari atas.

Jika ingin melihat kawasan Situ Bagendit dari ketinggian, kamu dapat naik ke menara pandang. Dimana luasnya Situ dapat terlihat secara nyata, tanpa terhalangi apapun.

naik kuda

3. Wahana Bermain

Setelah puas berkeliling menikmati Situ Bagendit 2022 sambil hunting foto-foto keren, saatnya mencoba wahana bermain yang disediakan di sekitar kawasan wisata  hits di Garut tersebut.

Wahana bermain yang ada di Situ Bagendit, diantaranya:

  • Bebek-bebekan,
  • Naik rakit,
  • Naik kuda,
  • Becak mini dan,
  • Scooter anak.

Kisaran tiket untuk menikmati wahana tersebut mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- saja.

menikmati situ

simak juga: tempat hunting foto di garut

Penutup

Wisata Situ Bagendit hadir kembali menjadi destinasi wisata andalan Garut, yang dapat dikunjungi bersama keluarga tercinta untuk menghabiskan waktu bersama.

amphitheater
amphitheater